Tepis Isu Paspor Ganda, Menkumham: Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Naturalisasi Istimewa

Menkumham menuturkan, pemerintah tengah berupaya menuntaskan proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders agar keduanya dapat turut serta dalam pertandingan Indonesia melawan Bahrain dan Cina. Jika terlalu lama, keduanya tidak akan dizinkan klub masing-masing untuk bertolak memperkuat Timnas Indonesia.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 18 Sep 2024, 16:25 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2024, 16:25 WIB
Mees Hilgers - Erick Thohir
Pemain keturunan Belanda, Mees Hilgers bersalaman dengan ketua umum PSSI, Erick Thohir di Jakarta, Jumat (6/9/2024) malam WIB. (Instagram/erickthohir)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Atgas menepis kabar kepemilikan paspor ganda oleh Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang akan melakukan naturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia di babak penyisihan Piala Dunia 2026. Dia menyatakan, keduanya menjalani naturalisasi istimewa.

“Naturalisasi ada dua, naturalisasi biasa dan naturalisasi istimewa. Terhadap dua yang kemarin itu naturalisasi istimewa, karena memang kita punya cita-cita timnas Indonesia masuk Piala Dunia,” tutur Andi di Kemenkumham, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2024).

Menurutnya, upaya tersebut merupakan program Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto agar pemerintan bergerak cepat melakukan proses naturalisasi keduanya. Dengan begitu, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan menjalani sumpah WNI di Kedubes Indonesia untuk Belanda.

“Bahwa paspor yang bersangkutan sudah diserahkan ke Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Direktorat Jenderal Imigrasi,” jelas dia.

Yang pasti, kata dia, pemerintah berupaya menuntaskan proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, agar keduanya dapat turut serta dalam pertandingan Indonesia melawan Bahrain dan Cina. Jika terlalu lama, keduanya tidak akan dizinkan klub masing-masing untuk bertolak memperkuat Timnas Indonesia.

“Karena itu kita proaktif pengambilan sumpah di Kedubes di Belanda. Kemudian sumpah selesai PSSI sebagai user bisa mendaftarkan keduanya sebagai bagian timnas,” ujar Menkumham Andi Agtas menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Beda Naturalisasi Biasa dan Istimewa

Eliano Reijnders dan Mees Hilgers - Timnas Indonesia
Eliano Reijnders (kanan) berhadapan dengan Mees Hilgers dalam laga Eredivisie 2024/2025, Sabtu (14/9/2024). (Instagram/eliano.r)

Diketahui, naturalisasi biasa merupakan naturalisasi yang dilaksanakan berdasarkan permohonan seseorang untuk memperoleh kewarganegaraan Indonesia.

Sementara untuk naturalisasi istimewa, proses tersebut diberikan kepada seseorang yang dinilai telah berjasa pada negara, seperti atlet dari luar negeri yang memiliki prestasi, untuk dapat mengharumkan Indonesia.

Berdasarkan Pasal 20 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006, warga negara asing yang dinilai berprestasi dapat menerima naturalisasi istimewa lewat pemberian langsung Presiden, setelah melalui pertimbangan DPR RI.

Naturalisasi istimewa tidak dapat diberikan kepada orang asing yang setelah pemberian status WNI, malah memiliki kewarganegaraan ganda.

Infografis Timnas Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia
Infografis Timnas Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya