Arahan Mendagri: Seluruh Pihak Harus Sukseskan Peparnas XVII Solo 2024

Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian mengajak semua pihak untuk menyukseskan pelaksanaan event olahraga berskala nasional tersebut.

oleh Fachri pada 24 Sep 2024, 09:35 WIB
Diperbarui 24 Sep 2024, 09:32 WIB
Mendagri Ungkap Persiapan Peparnas XVII Solo 2024 Terus Dimatangkan
Credit: Mendagri

Liputan6.com, Solo Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 akan dihelat pada 6-13 Oktober 2024 mendatang. Untuk itu, Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian mengajak semua pihak untuk menyukseskan pelaksanaan event olahraga berskala nasional tersebut.

Tito pun menilai bahwa kesuksesan Peparnas XVII Solo 2024 sangat penting. Menurutnya, selain sebagai kebanggaan nasional, event itu juga bertujuan meningkatkan harkat, derajat, dan martabat para atlet difabel.

Sementara itu, dirinya mengatakan bahwa sejumlah venue yang menjadi tempat pertandingan Peparnas secara keseluruhan telah siap. 

"Venue hampir semuanya telah siap, ada beberapa hal kecil yang masih ditangani di tingkat lokal oleh Pemda masing-masing, baik di Sukoharjo, Boyolali, Karanganyar, dan Pj Gubernur [Jawa Tengah] Pak Nana juga membentuk tim untuk mendukung penyelesaian venue," kata Tito.

Ia pun mengungkapkan, kementerian/lembaga terkait seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membantu jika ada venue yang kurang siap. Tito menyebut, teknis pertandingan, akomodasi, dan anggaran masih terus dimatangkan dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan menyinkronkan kebutuhan anggaran tersebut.

"[Anggaran] yang sangat urgen sekali, kita akan carikan solusi nantinya, yang penting acara bisa berjalan dulu. Kami juga berharap dari provinsi, Pak Gubernur sudah di sini, tolong bentuk tim untuk mendukung panitia. Selain itu, Pj Wali Kota Surakarta, sudah mulai bergerak, tolong dicek," ungkap Tito.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Siapkan Event Tambahan

Mendagri Ungkap Persiapan Peparnas XVII Solo 2024 Terus Dimatangkan
Credit: Puspen Kemendagri

Tito menyarankan agar Pemda setempat menyiapkan event-event tambahan untuk meningkatkan pemasukan ekonomi bagi daerah dan masyarakat. Ia pun menyebut, kegiatan tersebut bisa berupa seni atau acara lain yang mendukung kebutuhan atlet, tim, hingga suporter yang datang dari berbagai daerah.

"Belum lagi penonton yang akan datang dari daerah sekitar Solo Raya, Jawa Tengah, atau suporter dari daerah lain," ujarnya.

Tito meminta agar Peparnas dipublikasikan secara luas dan disampaikan ke media massa dengan peran dari panitia pelaksana, Kemenpora, Kemendagri, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

"Kita semua berdoa, mudah-mudahan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, memberikan kemudahan kepada kita semua agar kegiatan nasional ini dapat berjalan lancar dan menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia," ucapnya.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya