Jokowi Bertolak ke Kaltim, Bakal Hadiri Nusantara TNI Fun Run

Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 13.30 WIB, dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 05 Okt 2024, 16:07 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2024, 16:04 WIB
Ibu Negara Iriana Jokowi dan Presiden Jokowi di tangga pesawat. (Foto: Dok. Instagram terverifikasi @jokowi)
Ibu Negara Iriana Jokowi dan Presiden Jokowi di tangga pesawat (@jokowi)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana bertolak ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (5/10/2024). Jokowi akan menghadiri Nusantara TNI Fun Run di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Minggu 6 Oktober 2024.

Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 13.30 WIB, dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Kota Balikpapan, Jokowi dan rombongan terbatas akan berganti moda transportasi Helikopter Super Puma TNI AU. Jokowi dan Iriana akan melanjutkan perjalanan menuju kawasan IKN.

Jokowi dan Iriana akan bermalam di IKN untuk menghadiri Nusantara TNI Fun Run, Minggu. Acara ini akan dihadiri ribuan peserta mulai dari TNI, media, hingga masyarakat umum.

"Esok hari, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana diagendakan untuk menghadiri Nusantara TNI _Fun Run_ yang diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai unsur, yaitu TNI, media, hingga masyarakat umum," jelas Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan tertulisnya.


Didampingi Sejumlah Menteri

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional Raja Juli Antoni, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, serta Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Heri Purwanto.

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Nusantara TNI Fun Run yang akan diselenggarakan pada 6 Oktober 2024, Otorita Ibu Kota Nusantara mengumumkan penutupan sementara kunjungan masyarakat umum dan kedinasan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 5 dan 6 Oktober 2024.

Nusantara TNI Fun Run sendiri ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI). Selain di Monumen Nasional (Jakarta), puncak perayaan HUT TNI ini juga turut digelar di IKN.


Dukung Kelancaran Acara

Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik sekaligus Juru Bicara Otorita IKN, Troy Pantouw, mengatakan bahwa penutupan sementara kunjungan ke IKN ini dilakukan demi mendukung kelancaran acara dan menjaga kenyamanan seluruh pihak yang terlibat.

"Otorita IKN menyadari bahwa masyarakat sangat antusias ingin mengunjungi Nusantara, namun penutupan ini diperlukan untuk memastikan acara dapat berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Kami harap masyarakat dapat memaklumi dan menyesuaikan jadwal kunjungan mereka," ujarnya, Jumat (4/10/2024).

Penutupan mencakup kunjungan pada Kawasan Rest Area Nusantara, Plaza Seremoni, Taman Kusuma Bangsa, dan Kantor Kementerian Koordinator.

Troy mengungkapkan, tersebut juga untuk menjamin keamanan dan ketertiban pelaksanaan kegiatan yang melibatkan jumlah masyarakat umum sebagai peserta yang cukup banyak.

Nantinya, masyarakat diperkenankan kembali untuk berwisata melihat progres pembangunan IKN sehari setelah kegiatan Nusantara TNI Fun Run selesai pada 7 Oktober 2024.

"Akses kunjungan akan kembali dibuka pada tanggal 7 Oktober 2024, dan masyarakat dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi IKNOW untuk memastikan kunjungan yang tertib dan terorganisir," Kata Troy.

Infografis Jokowi Berkantor di IKN Nusantara Jelang Masa Jabatan Berakhir. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi Berkantor di IKN Nusantara Jelang Masa Jabatan Berakhir. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya