Jokowi Senang Prabowo Persiapkan Rencana Kerja Jelang Pelantikan Presiden

Prabowo selalu menghadiri setiap rapat paripurna maupun rapat terbatas sejak ditetapkan sebagai Presiden Terpilih RI. Jokowi optimistis program unggulan Prabowo telah disiapkan dengan baik oleh para menteri yang menjabat saat ini.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 08 Okt 2024, 12:45 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2024, 12:45 WIB
Di Depan Jokowi, Prabowo Janji Selesaikan Pembangunan IKN
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto berjanji di depan Presiden Jokowi akan melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Prabowo sebelum menghadiri rapat kabinet perdana di IKN, Senin (12/8/2024). (Foto: Youtube: Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi senang Presiden Terpilih, Prabowo Subianto mempersiapkan semua program dan rencana kerja dengan baik. Dia pun meyakini proses transisi pemerintahannya ke Prabowo akan berjalan dengan mulus.

"12 hari lagi transisi kepemimpinan nasional akan terjadi, tanggal 20 Oktober yang akan datang, Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto akan dilantik sebagai Presiden RI," kata Jokowi saat menghadiri BNI Investor Daily Summit di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

"Yang saya senang sejak beliau terpilih sebagai Presiden Terpilih, persiapan menuju kepelantikan itu betul-betul secara rencana kerja program dan lain-lain transisinya berjalan dengan baik," sambungnya.

Menurut dia, Prabowo selalu menghadiri setiap rapat paripurna maupun rapat terbatas sejak ditetapkan sebagai Presiden Terpilih RI. Jokowi optimistis program unggulan Prabowo telah disiapkan dengan baik oleh para menteri yang menjabat saat ini.

"Hampir di setiap rapat paripurna, ratas, apapun topiknya Pak Prabowo selalu hadir. Kalau sebelumnya hanya urusan pertahanan, tapi setelah jadi Presiden Terpilih di semua rapat terbatas hadir. Sehingga rencana program unggulan yang akan dilaksanakan Presiden Prabowo betul-betul disiapkan dengan baik dengan menteri-menteri yang sekarang," jelasnya.


Prabowo dan Menkeu Kerap Bertemu

Jokowi mencontohkan Prabowo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani kerap bertemu untuk membahas dan mempersiapkan RAPBN 2025. Dia menuturkan pemerintahan Prabowo akan langsung bekerja usai dilantik menjadi presiden.

"Transisi kepemimpinan ini akan berjalan lancar. Insya Allah mulus sehingga setelah di lantik presiden kabinet bisa langsung bekerja dengan cepat melaksanakan program-program yang ada, tanpa ada jeda," tutur Jokowi.

Jokowi sendiri membutuhkan waktu hingga 1,5 tahun untuk mengkonsolidasikan program-program saat dilantik menjadi presiden pada 2014. Dia menekankan pentingnya transisi pemerintahan berjalan mulus agar stabilitas politik dan ekonomi terjaga.

"Karena transisi ke pemerintahan berjalan baik dan mulus itu penting untuk menjaga optimisme kita semua, untuk menjaga stabilitas, baik itu politik maupun ekonomi," pungkas Jokowi.


Jokowi Pede Transisi Pemerintahan ke Prabowo Berjalan Mulus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini bahwa transisi pemerintahan baru yang dipimpin Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka berjalan mulus.

“12 hari lagi transisi kepemimpinan nasional akan terjadi. Tanggal 20 Oktober mendatang Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto akan dilantik menjadi Presiden RI. Yang saya senang sejak beliau terpilih sebagai presiden terpilih transisinya berjalan dengan baik,” kata Jokowi dalam sambutannya di BNI Investor Daily Summit 2024, di JCC, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Kata Jokowi, transisi pemerintahan yang diklaim berjalan mulus itu ditunjukkan dengan giatnya Presiden terpilih Prabowo mengikuti setiap rapat yang dilakukan, baik itu rapat terbatas, hingga rapat paripurna.

“Hampir disetiap rapat paripurna rapat terbatas apapun topiknya pak Prabowo selalu hadir. Kalau sebelumnya hanya untuk urusan pertahanan tapi setelah menjadi presiden terpilih disemua rapat terbatas, rapat paripurna, selalu hadir sehingga rencana-rencanan untuk program unggulan yang akan dilaksanakan Presiden Prabowo itu betul-betul disiapkan dengan baik bersama menteri-menteri sekarang,” ujarnya.

Sebagai contoh, Prabowo dinilai rajin melakukan pertemuan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk membahas APBN ke depannya guna melaksanakan program-program unggulan di masa Pemerintahan Prabowo.

“Contoh, untuk RAPBN 2025 saya tidak tahu berapa kali pertemuan pak Prabowo dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani, hampir setiap minggu dan setiap hari bertemu untuk mempersiapkan itu. Artinya, transisi kepemimpinan ini akan berjalan lancar insyallah mulus,” ujarnya.

Jokowi pun berharap setelah Presiden Terpilih dilantik dan seluruh kabinetnya bisa langsung bekerja dengan cepat melaksanakan program-program yang ada tanpa jeda.

“Saya 2014 butuh waktu 1-1,5 tahun untuk mengkonsolidasi, artinya 1-1,5 tahun waktu kita hilang karena itu saya sangat senang sekali proses transisi Pemerintahan ini kita harapkan yang tinggal 12 hari berjalan dengan baik dan mulus,” katanya.

Jokowi menegaskan, bahwa transisi pemerintahan yang berjalan baik dan mulus itu penting untuk menjaga optimisme, menjaga stabilitas, baik itu politik maupun ekonomi.

Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Akan Ajak Sebagian Menteri Jokowi di Kabinetnya. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya