RUU Ormas, Kemana Sikap PAN?

Jelang pengesahan RUU Ormas, PAN belum menentukan Sikap.

oleh Edward Panggabean diperbarui 29 Jun 2013, 14:04 WIB
Diterbitkan 29 Jun 2013, 14:04 WIB
ruu-ormas-130625-b.jpg
Jelang Pengesahan RUU Ormas Selasa (2/7/2013) nanti, Partai Amanat Nasional (PAN) belum menentukan sikap. Padahal sebelumnya dalam rapat paripurna Selasa 25 Juni kemarin sempat menolak RUU Ormas itu disahkan.

"Terus terang di dalam pandangan mini Fraksi PAN yang disampaikan sebelum paripurna yang ditunda itu, PAN satu-satunya partai yang menolak. 8 lainnya menerima," kata Anggota Pansus RUU Ormas DPR, M. Najib saat diskusi di warung daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (29/6/2013).

Namun sikap itu bisa saja berubah, dengan mengevaluasi dari perkembangan persepsi publik. Menyusul adanya sejumlah ormas yang mengubah posisinya dari menentang menjadi mendukung RUU Ormas disahkan. Selain itu adanya aspirasi masyarakat yang sebenarnya terhadap masalah ormas ini.

"Tentu semua ini akan menjadi bagian yang tidak bisa disahkan dari keputusan atau sikap PAN terhadap RUU ini. Tetapi dengan penundaan ini tentu kita akan evaluasi kembali terhadap bagaimana perkembangan persepsi publik. Kita tidak ingin tinggalkan aspirasi dan harapan masyarakat," ujarnya.

Namun saat ditegaskan kembali posisi PAN saat ini apakah tetap menolak. Ia mengaku partainya belum mengambil sikap.

"Sikap yang lama kita menolak. Detik ini tentu ini between (diantara) kita mendengarkan sebanyak-banyaknya dan kita belum mengambil sikap," pungkasnya.(Sul/Ary)

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya