BIN: Jangan Sweeping Selama Ramadan dan Lebaran

"BIN melihat potensi gangguan itu selalu ada, namun berkat peran serta semua pihak, bisa diatasi," kata Marciano Norman.

oleh Rinaldo diperbarui 08 Jul 2013, 15:12 WIB
Diterbitkan 08 Jul 2013, 15:12 WIB
marciano-norman-130708-b.jpg
Kepala Badan Intelijen Negara Marciano Norman mengatakan kondisi keamanan Indonesia menjelang bulan Ramadan cukup kondusif. Namun, masyarakat diimbau tetap waspada karena potensi gangguan selalu ada.

"BIN melihat potensi gangguan itu selalu ada, namun berkat peran serta semua pihak, bisa diatasi. Insya Allah keamanan kita terjaga," jelas Marciano Norman di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (8/7/2013).

Marciano mengatakan, potensi gangguan selama puasa hingga lebaran itu bisa ditebak, karena umumnya merupakan kejadian yang terus berulang. "Saat puasa dan menjelang lebaran itu biasanya tindakan-tindakan di luar kewenangan, seperti sweeping. Saya harap tidak dilakukan, biarkan Satpol PP yang melakukan," ujarnya.

Dia juga mengingatkan para pengusaha untuk ikut mengurangi potensi masalah selama Ramadan. "Sweeping ormas akan muncul apabila pihak seperti pengusaha tempat hiburan tidak menaati aturan. Pengusaha tempat hiburan yang melakukan usahanya sesuai aturan yang ada," ujarnya.

Kendati pengusaha bisa menciptakan potensi gangguan, sambung Marciano, bukan berarti masyarakat berhak melakukan langkah-langkah penertiban. Aparat yang melakukan penindakan, masyarakat yang mengawasi. "Sedangkan untuk penertiban, kita dorong aparat melakukan," tutur Marciano. (Eks/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya