Penetapan DPT Tertunda, Puan Maharani: Bukti KPU Belum Maksimal

"KPU harus siap dalam 2 minggu, PDIP akan kawal terus. Kita tunggu saja apa yang akan terjadi," kata Puan.

oleh Silvanus Alvin diperbarui 24 Okt 2013, 15:38 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2013, 15:38 WIB
puan-130527b.jpg
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunda penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) selama 2 minggu setelah mendapat masukan dari berbagai pihak terkait banyaknya kekurangan dan kelemahan data-data yang didapatkan KPU. Penundaan itu dianggap PDIP sebagai bentuk kurangnya profesionalitas KPU.

"Sampai hari ini belum maksimal profesionalitas KPU. Masih ada yang harus dieksekusi dalam artian pelaksanaan pemilu harus cermat dan detail," ungkap Ketua Fraksi PDIP Puan Maharani, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (24/10/2013).

PDIP, lanjut Puan, akan terus mengawal KPU dalam menjalankan tugasnya. Ia menegaskan satu hal yang ditegaskan adalah pelaksanaan Pemilu 2014 tidak boleh bergeser.

"KPU harus siap dalam 2 minggu, PDIP akan kawal terus. Kita tunggu saja apa yang akan terjadi, apa KPU bersama lembaga terkait mampu selesaikan masalah DPT ini bisa akurat," imbuh Puan.

Selanjutnya, Ia berharap bila DPT selesai tidak ada masalah lain tidak muncul. Salah satu masalah yang diprediksi akan muncul terkait percetakan kertas suara.

"Percetakan kertas suara jangan dipermainkan, kalau DPT sudah selesai jumlah kertas nggak akurat itu jangan jadi permainan," tandas Puan. (Adi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya