Ketahui 5 Manfaat Buah Srikaya Buat Kesehatan Tubuh

Berikut ini manfaat buah srikaya bagi kesehatan tubuh.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Jul 2022, 18:03 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2022, 18:03 WIB
Biji Srikaya
Biji Srikaya (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Srikaya yang memiliki nama latin Annona squamosa merupakan jenis buah yang memiliki beberapa khasiat. Manfaat buah srikaya bagi tubuh salah satunya baik untuk melancarkan pencernaan.

Di samping itu, srikaya mungkin menjadi buah yang jarang ditemukan di pasaran. Padahal buah satu ini begitu berguna bagi kesehatan.

Buah ini memiliki beberapa manfaat kesehatan tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi, itu bisa menjadi racun bagi tubuh. Oleh karena itu, tetap atur porsi mengonsumsi buah srikaya agar bisa mendapatkan khasiatnya bagi kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja manfaat yang ditawarkan buah srikaya?

Melansir laman Timesnownews, Rabu (13/7/2022), berikut ini manfaat buah srikaya bagi kesehatan tubuh.

1. Berguna untuk kesehatan mataSalah satu manfaat yang ditawarkan buah srikaya adalah untuk kesehatan mata. Buah ini mengandung karotenoid yang membantu menjaga kesehatan mata. Bagi yang belum tahu, karotenoid adalah antioksidan yang membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah katarak dan kehilangan penglihatan.

2. Mengontrol tekanan darah

Selain itu, buah srikaya juga bagus untuk tekanan darah. Buah srikaya memiliki jumlah potasium dan magnesium yang tinggi sehingga dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah. Bahkan buah satu ini juga bisa membantu darah mengalir dengan mudah.

3. Sistem pencernaan

Yang harus diketahui, buah srikaya kaya akan serat yang memudahkan buang air besar. Selain itu, serat yang terkandung di dalamnya juga membantu menyehatkan bakteri di usus yang membantu proses pencernaan.

4. Membantu mengurangi peradangan

Buah ini memiliki efek anti-inflamasi dan membantu mengurangi peradangan. Peradangan ini juga bisa menjadi kronis seperti di jantung atau di pembuluh darah.

5. Baik untuk sistem kekebalan tubuh

Selain kaya serat, buah srikaya juga mengandung antioksidan dan vitamin C. Berkat kandungannya itu, buah srikaya bisa membantu meningkatkan kekebalan dan menjauhkan alergi, infeksi, dan penyakit lainnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya