6 Buah Ini Bisa Jadi Solusi Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Selain itu banyak buah-buahan yang juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh mengingat kaya akan serat makanan.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Jul 2022, 15:45 WIB
Diterbitkan 15 Jul 2022, 09:45 WIB
Picu Kolesterol Jahat, Ini Akibat Mengonsumsi Susu Bubuk dan Susu Kental Manis
Olahan susu murni seperti susu bubuk dan susu kental manis tidak baik bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Pilihan makanan yang buruk dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dalam darah.

Saat hal itu sudah terjadi, salah satu pilihannya berarti harus mengurangi kadar LDL. Salah satu caranya bisa mengonsumsi buah-buahan tertentu.

Mengonsumsi makanan berlemak, mengonsumsi alkohol, dan menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat menjadi kombinasi mematikan untuk kadar kolesterol tinggi. Bahkan pola makan tersebut juga dapat menyebabkan obesitas dan semakin meningkatkan peluang untuk terkena serangan jantung atau stroke.

Perlu diingat bahwa tidak semua kolesterol jahat dan ada kebutuhan akan kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dalam tubuh untuk fungsi-fungsi penting. Hati membuat semua kolesterol yang dibutuhkan tubuh Anda secara alami. Daging merah, daging olahan, gorengan tinggi kolesterol jahat sedangkan telur atau keju harus ditambahkan ke diet untuk mendapatkan kolesterol baik.

Selain itu banyak buah-buahan yang juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh mengingat kaya akan serat makanan.

“Beberapa buah baik untuk menyeimbangkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Buah-buahan yang tinggi serat larut mencegah seseorang dari penyakit jantung seperti stroke jantung, penyumbatan arteri, serangan jantung, dan masalah jantung lainnya,” kata Ahli Gizi dan Pendiri DtF Sonia Bakshi dilansir dari Hindustan Times, Jumat (15/7/2022).

Lantas, buah apa saja yang mampu mengontrol kadar kolesterol? Berikut ini enam buah yang bermanfaat dan membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar Buah

Ilustrasi buah dan sayur untu pola diet eat cleaning
Ilustrasi buah dan sayur untu pola diet eat cleaning (dok.unsplash)

1. Apel

Apel dianggap sebagai salah satu buah terbaik untuk menurunkan kolesterol. Apel kaya akan serat larut yang menjaga kesehatan jantung. Selain itu, apel juga mengandung polifenol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol kita.

2. Pisang

Serat dan potasium dalam pisang dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Pisang dikenal sebagai sumber serat larut yang baik yang akan memberikan tubuh yang sehat dan sistem kekebalan tubuh yang baik.

3. Anggur

Selain apel dan pisang, ada anggur yang juga tidak kalah bermanfaatnya dan berperan dalam mengatur kadar kolesterol. Buah satu ini masuk ke aliran darah dan membawa semua kolesterol jahat ke hati untuk diproses.

4. Berry

Beberapa jenis berry, seperti blackberry dan stroberi telah menunjukkan hasil bahwa dianggap mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah-buahan tersebut mampu mencegah kolesterol LDL teroksidasi yang diyakini sebagai faktor risiko utama penyakit jantung.

5. Nanas

Nanas merupakan sumber vitamin, mineral, dan nutrisi yang baik. Bromelain yang ada dalam nanas memecah timbunan kolesterol di arteri yang mendukung aliran darah yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Alpukat

Terkahir ada alpukat. Buah alpukat kaya akan asam oleat yang membantu dengan kolesterol jahat dalam aliran darah. Alpukat dapat dikonsumsi dalam salad, sandwich, roti panggang, smoothie, dan banyak cara lainnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya