Penuhi Asupan Kalium Dalam Tubuh dengan 7 Makanan Ini, Apa Saja?

Kalium adalah elektrolit, yaitu mineral dalam tubuh yang memiliki muatan listrik dan membantu menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh Anda.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 17 Agu 2023, 18:06 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2023, 18:06 WIB
Ilustrasi Kalium atau Potassium (sumber: unsplash)
Ilustrasi Kalium atau Potassium (sumber: unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Kalium merupakan mineral dan elektrolit penting yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja dengan baik. Kalium memiliki banyak fungsi, dari membantu otot berkontraksi hingga menjaga detak jantung tetap teratur.

Melansir Forbes Health, Selasa (15/8/2023), kalium adalah elektrolit, yaitu mineral dalam tubuh yang memiliki muatan listrik dan membantu menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh Anda.

“Kalium adalah elektrolit penting yang membantu dalam melakukan impuls listrik. Impuls ini memberi tahu jantung kita kapan harus berdetak, otot kita berkontraksi, dan sistem saraf kita mengirimkan impuls,” jelas ahli diet Maggie Michalczyk.

“Potasium sangat penting untuk fungsi jantung dan ginjal, kontraksi otot dan transmisi saraf, tambah ahli diet lainnya Tara Tomaino.

Selain itu, kalium juga memiliki dampak kesehatan yang positif untuk melindungi tulang serta menurunkan tekanan darah. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat ini.

7 Makanan Tinggi Kalium

Meskipun dimungkinkan untuk mendapatkan ekstra kalium melalui suplementasi, Tomaino, Michalczyk dan Tori Vasko setuju bahwa yang terbaik adalah memenuhi kebutuhan kalium melalui makanan. Mengingat hal itu, berikut adalah beberapa sumber makanan teratas yang mengandung potasium.

Aprikot kering

Buah kering, seperti aprikot kering, dapat menyediakan cukup banyak potasium, dengan satu cangkir aprikot kering mengandung sekitar 1.510 miligram.

“Kaya akan antioksidan dan gula alami, buah kering adalah camilan alami yang bagus dan dapat membantu menjaga energi selama berolahraga,” kata Vasko. Namun, penting untuk memperhatikan kandungan gula dari setiap buah kering.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti lentil dikemas dengan potasium. “Lentil juga merupakan sumber protein dan serat nabati yang bagus,” kata Tomaino. "Mereka bisa menjadi dasar mangkuk biji-bijian, ditambahkan ke salad atau digunakan untuk membuat burger berbahan dasar kacang."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alpukat

alpukat
ilustrasi alpukat/copyright shutterstock

Alpukat adalah makanan lain yang dikemas dengan potasium, mengandung sekitar 728 miligram per cangkir buah mentah.

“Selain menjadi sumber potasium yang bagus, alpukat juga menyediakan lemak makanan yang sehat,” kata Michalczyk. Selain itu, buah ini juga menawarkan serat makanan, vitamin K, vitamin E dan folat atau asam folat. Alpukat dikenal untuk mendukung kesehatan jantung, meningkatkan pencernaan, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Jenis kacang-kacangan dari Jepang

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak potasium dalam makanan, mengonsumsi edamame juga bisa membantu, dengan sekitar 676 miligram potasium tersedia dalam satu cangkir sayuran yang dimasak. “Kedelai juga mengandung isoflavon, yang telah terbukti berdampak positif bagi kesehatan jantung,” kata Vasko.

Ubi jalar

Sumber potasium yang kurang dikenal, satu cangkir ubi jalar yang dipotong dadu mengandung sekitar 488 miligram potasium. “Umbi-umbian ini tidak hanya kaya potasium tetapi juga menyediakan vitamin A, C, dan serat. Ubi jalar diketahui mendukung kesehatan mata, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesehatan kulit, ”kata Michalczyk.

Pisang

Salah satu makanan kaya potasium paling populer, ada sekitar 422 miligram mineral dalam satu buah pisang berukuran sedang. “Dikenal karena kandungan potasiumnya yang tinggi, pisang membantu meningkatkan energi dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain potasium, mereka menyediakan serat makanan, vitamin C, vitamin B6, dan magnesium,” catat Michalczyk.

Bayam

Sayuran hijau gelap seperti bayam merupakan sumber potasium yang sangat baik, menurut Michalczyk. Satu cangkir bayam mentah mengandung sekitar 167 miligram potasium. Bayam juga kaya akan vitamin A, C dan K, serta zat besi dan antioksidan, kata Michalczyk.

Gejala dan Penyebab Kalium Rendah

Ketika jumlah potasium dalam darah berada pada tingkat yang tidak normal, ini disebut potasium darah rendah atau hipokalemia. Penyebabnya mungkin termasuk minum obat tertentu, termasuk diuretik atau antibiotik tertentu; diare atau muntah; berkeringat dan memiliki kadar magnesium yang rendah.

Karena potasium penting untuk fungsi sel, penting bagi Anda untuk mencukupinya. Ketika memiliki asupan kalium yang terlalu sedikit atau kekurangan kalium, gejalanya mungkin termasuk kram atau kelemahan otot, kelelahan, detak jantung tidak teratur atau kelumpuhan otot (hipokalemia berat) dan konstipasi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya