Produksi Land Rover Defender Dipindah ke Pabrik Baru

Pabrik baru di Slovakia memiliki posisi yang strategis dalam rantai jaringan logistik.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 14 Agu 2015, 15:04 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2015, 15:04 WIB
Land Rover Lempar Produksi Defender ke Pabrik Baru di Slovakia
Pabrik baru di Slovakia memiliki posisi yang strategis dalam rantai jaringan logistik.

Liputan6.com, London - Pabrikan SUV ikonik asal Inggris, Land Rover, resmi mengumumkan rencana untuk membuka pabrik baru di Slovakia. Dugaan kuat menyebutkan jika pabrik ini khusus memproduksi Defender.

Dilansir Motor1, Jumat (13/8/2015), pabrik baru Land Rover ini akan didirikan di Nitra, sebuah kota yang terletak di sebelah barat Slovakia. Pabrik ini nantinya mulai menjalankan roda produksi pada 2018.

Dipilihnya Slovakia sebagai lokasi pabrik baru adalah karena posisinya yang strategis dalam rantai jaringan logistik. Sebelum memutuskan lokasi pabrik di Slovakia, pabrikan telah melakukan analisis mengenai prospek pabrik di Amerika Serikat, Meksiko, dan beberapa negara Eropa lainnya.

Dijelaskan, kapasitas produksi pabrik di Nitra ini mampu membangun hingga 300 ribu unit dan ditargetkan untuk berproduksi hingga batas maksimal. Petinggi Jaguar-Land Rover selaku holding company menyebutkan jika model pertama yang akan diproduksi di pabrik ini adalah Defender versi lawas.

Informasi ini sesuai dengan laporan yang pernah dirilis oleh media Financial Times yang mengatakan jika suatu model berkemampuan off road akan diproduksi di Eropa Timur.

Selain Slovakia, JLR memiliki rencana untuk memperluas pusat pengembangan desain dan teknik di Whitley, Conventry (Inggris) serta berinvestasi mendirikan National Automotive Innovation Center di University of Warwick.

(ysp/ian)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya