Inikah Wujud Penerus Mazda RX-8?

Spekulasi mengenai rendering itu mengerucut pada dua kemungkinan

oleh Gesit Prayogi diperbarui 19 Okt 2015, 16:06 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2015, 16:06 WIB
Inikah Wujud Penerus Mazda RX-8?
Spekulasi mengenai rendering itu mengerucut pada dua kemungkinan

Liputan6.com, Jakarta - Mazda, yang akan berpartisipasi pada Tokyo Motor Show 2015 bisa dibilang menjadi salah satu peserta yang paling diantisipasi. Bagaimana tidak, kabar-kabur menyebut bila pabrikan Jepang itu akan menghidupkan kembali sportscar bermesin rotari yang lama tenggelam.

Hal ini dikonfirmasi petinggi perusahaan. Bahkan ia memberikan bocoran bahwa mobil bermesin rotari itu pamer diri di Tokyo Motor Show 2015.



Gayung bersambut, paska Mazda mengungkap sketsa mobil yang bakal dipamerkan di Tokyo akhir Oktober, kini sejumlah foto render kembali bikin publik penasaran.

Melansir laman Motoring.com.au, spekulasi mengenai rendering itu mengerucut pada dua kemungkinan: sebuah kasta tertinggi dari MX-5 roadster atau sportscar coupe bermesin rotari yang digadang-gadang bernama RX-9.

Motoring

Meskipun, foto itu lebih mengarah pada penerus RX-7 dan RX-8. Bahkan, bentuknya lebih mirip dengan Cosmo Sport, mobil Mazda pertama yang menggunakan mesin rotari yang debut 1967 dan cuma ada 1.519 unit.

Konfigurasi dua mesin rotari  

Lebih lanjut, situs Australia itu mengklaim, new RX-9 hadir dengan mesin hibrida turbo rotari yang terdiri dari dua mesin rotari. Berkapasitas 800 cc mesin itu turut mengemas turbocharger elektrik.

Dengan konfigurasi tersebut, Mazda memiliki solusi terhadap masalah besar pada mesin Wankel 1,3 liter di RX-8 terkait torsi rendah.

Dijelaskan, new RX-9 bakal punya sistem turbocharging dua tahap, dengan pengaktifan unit secara elektrik pada putaran mesin rendah dan turbocharger pada putaran tinggi.

Sementara itu, new RX-9 bakal diluncurkan pada 2017. Momentum itu sengaja dipilih untuk menandai debut pertama mobil Mazda  bermesin rotari 50 tahun yang lalu.

(gst/ian)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya