Adu Kelengkapan Fitur Toyota C-HR Vs Maxda CX-3, Siapa Unggul?

Dengan harga yang terbilang fantastis, sanggupkah Toyota C-HR mencundangi Mazda CX-3?

oleh Amal Abdurachman diperbarui 12 Apr 2018, 19:30 WIB
Diterbitkan 12 Apr 2018, 19:30 WIB
Toyota C-HR
Toyota C-HR resmi meluncur (Arief/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Sebelumnya, Liputan6.com membandingkan antara Toyota C-HR melawan saudara kandungnya sendiri, yaitu Toyota Fortuner. Kali ini, Toyota C-HR kami hadapkan dengan crossover lainnya yang sama-sama didatangkan secara CBU, yaitu Mazda CX-3.

Seperti yang sudah Anda ketahui, Toyota C-HR dibanderol dengan harga mulai dari Rp 488,5 juta berstatus on the road Jakarta. Sedangkan Mazda CX-3 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 389 juta berstatus on the road Jakarta.

Untuk varian tertinggi, Mazda CX-3 GT dibanderol senilai Rp 438,8 juta. Selisih harganya nyari Rp 50 juta dengan Toyota C-HR. Lantas, seistimewa itukah Toyota C-HR?

Dimensi dan Desain

Toyota C-HR memiliki desain yang compact dengan ukuran panjang 4.360 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.565 mm. Sedangkan CX-3 memiliki panjang 4.275 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.535 mm. Berdasarkan data tersebut, dimensi C-HR sedikit lebih besar dibanding CX-3.

C-HR memiliki desain yang membuatnya terlihat berotot berkat garis-garis tegas di sekujur tubuh. Nuansa tersebut dipadukan dengan lekukan tajam di bagian wajah maupun buritan, sehingga C-HR memiliki karakter agresif.

Sedangkan Toyota CX-3 terlihat sebagai sebuah CX-5 yang berukuran mungil dan juga lincah. Desainnya juga terlihat segar dan modern, berkat filosofi desain Kodo khas Mazda. 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini


Mesin dan Transmisi

Mazda CX-3
Mazda CX-3 dipamerkan di IIMS 2017. (Herdi Muhardi)

Meskipun dibanderol lebih murah, ternyata Mazda CX-3 dilengkapi mesin SkyActiv-G 2.0. Mesin berkapasitas 2,0 liter tersebut sanggup memuntahkan tenaga 146 Tk dengan torsi puncak 192 Nm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi Skyactiv Drive 6-percepatan otomatis.

Sedangkan Toyota C-HR dipersenjatai dengan mesin berkode 2ZR-FBE berkapasitas 1,8 liter yang menghasilkan tenaga hingga 139 Tk dengan torsi maksimum 170 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi CVT 7 percepatan. 

Dari data tersebut, terlihat Mazda CX-3 lebih unggul dibanding C-HR. Meskipun sama-sama mengusung naturally aspirated, Mazda memiliki kapasitas mesin lebih besar dengan tenaga dan torsi lebih melimpah.

 

 


Fitur Keselamatan

Mazda CX-3
Mazda CX-3 dilengkapi dengan teknologi G-Vectoring Control.

Mazda menyematkan fitur keselamatan yang cukup memadai di CX-3, sebut saja front, curtain & side airbags, Dynamic Stability Control (DSC) & Traction Control System (TCS), Adaptive Front-lighting System (AFS).

Selain itu CX-3 dilengkapi rangkaian i-ActivSense yang terdiri dari Adaptive LED Headlights (ALH), Smart City Brake Support (SCBS) Forward & Reverse, Blind Spot Monitoring (BSM) & Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Lane Departure Warning System (LDWS).

Mazda CX-3 pun mengadopsi teknologi kestabilan baru yang disebut G-Vectoring Control. Fitur ini diklaim dapat mempermudah pengemudi saat bermanuver dan memperhalus transisi G-forces saat mengerem, berbelok, dan berakselerasi.

Sementara itu Toyota C-HR, dilengkapi 7 SRS Airbags (Driver + Passenger 2 Side Airbags; 2 Curtain Side Airbags & Driver Knee), Blind Spot Monitor System, Rear View Monitor System, sistem pengereman ABS+EBD+BA, Hill-Start Assist Control, Isofix Child Restrain System, dan Vehicle Stability Control. 

Sebelumnya, fitur Toyota C-HR terdengar istimewa saat dibandingkan dengan Toyota Fortuner. Saat dihadapkan dengan rival yang nyaris satu kelas (ingat, kapasitas mesinnya berbeda). Fitur yang dimiliki Toyota C-HR kurang gemerlap.


Kesimpulan

Mazda CX-3
Mazda CX-3 hadir dengan fitur berlimpah. (Septian/Liputan6.com)

Meskipun terlihat tampan dan gagah, sulit untuk melihat pesona dari Toyota C-HR akibat tertutup oleh harganya yang dirasa terlalu mahal. Mahal karena CBU? Itu tidak bisa menjadi alasan, karena Mazda CX-3 pun diimpor secara utuh. Contoh nyata lainnya, saat Pajero masih diimpor pun harganya dapat bersaing dengan Fortuner rakitan lokal.

Dengan selisih nyaris Rp 50 juta, Mazda CX-3 menawarkan fitur gemilang, mesin berkapasitas lebih besar, dan rasa berkendara khas Mazda. Relakah Anda merogoh dana ekstra Rp 50 juta demi sebuah Toyota C-HR?

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya