Jangan Sampai Rantai Motor Lepas seperti Maverick Vinales saat Balapan MotoGP, Begini Cara Antisipasinya

MotoGP Spanyol 2023 menjadi momen pahit bagi Maverick Vinales. Saat bertarung di lap terakhir, rantai motornya terlepas. Jangan sampai situasi seperti ini menimpa Anda saat tengah berkendara

oleh Jordy Rivaldo diperbarui 02 Mei 2023, 18:31 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2023, 18:31 WIB
Rantai Motor Maverick Vinales Copot Di Lap Akhir
Rantai motor Maverick Vinales copot di lap akhir balapan MotoGP Spanyol 2023. (source: Twitter @Motogp)

Liputan6.com, Jakarta - Balapan MotoGP Spanyol 2023 menjadi momen pahit bagi Maverick Vinales. Saat bertarung di lap terakhir, rantai motornya terlepas sehingga dirinya gagal finis.

Padahal sebelum insiden tersebut, Vinales berhasil melewati lap demi lap dengan mulus. Bahkan, Pembalap Aprilia ini berhasil menembus 5 besar dari posisi start ke-9.

Dari video yang diunggah akun Twitter resmi Motogp, Maverick Vinales terlihat sedang masuk ke tikungan. Secara tiba-tiba, motornya seperti menggerung sehingga pembalap asal Spanyol ini reflek menoleh ke bawah.

Melihat rantainya yang tergeletak di aspal, Vinales pun langsung berhenti untuk menepi dan gagal menyentuh garis finis yang sudah di depan mata.

Permasalahan rantai copot ini memang sering terjadi pada kendaraan roda dua baik tipe sport maupun bebek. Jika motor balap kelas dunia saja rantainya bisa copot, apalagi motor biasa yang digunakan sehari-hari.

Kendala inipun tidak dapat dianggap sepele. Jika momennya sedang tidak tepat dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, berikut tujuh (7) cara merawat gir dan rantai motor agar awet seperti dilansir dari suzuki:

1.  Memberi pelumas pada gear dan rantai motor

Cara merawat gir dan rantai motor agar awet yang pertama adalah dengan menggunakan pelumas untuk merawat gir motor. Cara yang satu ini memang terbukti sangat efektif karena tidak membutuhkan banyak waktu jika dilakukan.

Hanya dengan menyemprotkan langsung ke permukaan gear set dan rantai sudah bisa menjaga performa gir motor tersebut. Menggunakan pelumas terhadap gir dan rantai juga bisa membuat kondisi gir menjadi tetap basah. 

Jika rantai dan gir kering serta tercemar kotoran maka potensi kerusakan akan semakin besar, hal ini karena kotoran dan juga kondisi gir yang kering bisa membuat lapisan gear menjadi semakin mengikis.

2.  Rutin Membersihkan Gir Motor

Gir motor harus dibersihkan paling tidak minimal sebulan sekali menggunakan air dan juga sabun untuk merontokan berbagai kotoran yang menempel pada gir motor tersebut. Jika sudah bersih sebaiknya dilumasi kembali agar gir tidak rusak dan tetap aman.

Membersihkan gir motor harus rutin dilakukan karena komponen ini termasuk bagian yang paling gampang kotor pada motor. Hal ini terjadi karena gir motor sendiri sering terkena debu, air hujan dan juga pasir bahkan terkadang lumpur juga menempel pada gir motor.

3.  Perhatikan Posisi Gir Motor

Cara merawat gir dan rantai motor agar awet berikutnya adalah dengan selalu memperhatikan posisi dari gir motor ini sendiri. Sebaiknya setel gir pada posisi tengah atau center, hal ini bertujuan agar saat berkendara menjadi lebih nyaman.

Setiap pabrik dari motor umumnya sudah memberikan semacam tanda pada ujung lengan penjepit roda semacam garis-garis yang berguna untuk memastikan roda sepeda motor terpasang dengan lurus. 

Meskipun masing-masing memiliki ukuran gir motor yang berbeda-beda. Namun, semuanya memiliki alat ini. Cara menggunakan alat tersebut adalah dengan mengendurkan baut pada roda belakang.

Kemudian Anda tinggal menyesuaikan kedudukanya. Jika sudah pas maka tinggal mengencangkan kembali baut tersebut. 

4.  Ganti Gir Secara Berkala

Cara selanjutnya untuk merawat gir dan rantai motor adalah dengan ganti gir secara berkala. Cara untuk mengetahui apakah gir sudah mengalami aus adalah dengan memperhatikan suara dari gir tersebut

Selain itu, ciri fisik gear motor harus diganti adalah rantai motor menjadi lebih mudah lepas, mungkin bisa dipasang kembali. Namun, umumnya sebentar lagi pasti akan kembali lepas.

Cara lain juga bisa dilakukan dengan melihat rantai sepeda motor sudah mengendur atau kedudukan garis pada lengan ayun sudah di paling ujung.

jika motor mengalami hal tersebut maka sebaiknya segera ganti gir dengan yang baru dan lebih dianjurkan ganti satu set gir dengan rantai agar nyaman digunakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


5.  Menggunakan Gir Berkualitas Dan Original

Lebih baik menggunakan gir yang berkualitas bagus dan benar-benar aman untuk motor dibandingkan dengan membeli gir yang tidak original.

Dalam memilih gir motor sebaiknya jangan hanya terpaku dan melihat model dan juga bentuk yang menarik saja karena percuma saja jika memiliki bentuk yang menarik tapi tidak berkualitas.

Perlu diketahui jika gir pada motor ini bekerja sangat keras untuk bisa menjalankan motor. Oleh sebab itu, juga diperlukan gir yang kualitasnya baik agar awet dan tidak gampang rusak di tengah perjalanan.

6.  Mencuci Gir Saat Kehujanan

Pada saat motor kehujanan atau bahkan kebanjiran, sesampainya dirumah sebaiknya sesegera mungkin untuk melakukan penyemprotan gear dengan air yang bersih. Hal ini adalah cara paling sederhana dan juga mudah untuk dilakukan.

Namun jika memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk mencuci gir dengan air sabun agar lebih bersih, setelah kering kembali kasih pelumas ke gir, agar tidak menimbulkan karat pada gir akibat kotoran yang terbawa air hujan maupun banjir.

7.  Hindari Menggunakan Oli Bekas Untuk Gir Motor

Terkadang pemilik motor sering memakai oli bekas guna melumasi rantai motor dan juga gir motor. Hal ini adalah salah satu contoh yang salah, tetapi masih sering dilakukan banyak orang. 

Padahal sudah jelas-jelas gir dan rantai motor memiliki pelumas khusus. Oli bekas yang dipakai pada rantai dan gir motor malah dapat menimbulkan kerusakan sehingga rantai motor menjadi tidak awet. 

Pada dasarnya oli bekas sendiri terdapat berbagai macam kotoran yang ada pada mesin jadi sangat tidak dianjurkan menggunakan oli bekas untuk pelumas rantai dan gir motor.

Bukannya menjadi bersih dan terawat, malah membuat rantai dan gir motor menjadi kotor serta mudah rusak. Lagipula sekarang sudah banyak pelumas untuk rantai di beberapa bengkel, toko-toko yang dijual dengan harga terjangkau.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya