Aspira Luncurkan Oli untuk Mobil dan Motor, Diklaim Bisa Bikin Irit BBM

Aspira sebagai salah satu merek milik PT Astra Otoparts Tbk (Astra Otoparts) yang memproduksi suku cadang kendaraan roda dua dan roda empat kini meluncurkan varian produk terbarunya yakni Aspira Oil.

oleh Andhika Naufal Satria diperbarui 24 Sep 2023, 18:12 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2023, 18:12 WIB
Peluncuran Aspira Oil Oleh Aspira
Peluncuran Aspira Oil Oleh Aspira

Liputan6.com, Jakarta - Aspira sebagai salah satu merek milik PT Astra Otoparts Tbk (Astra Otoparts) meluncurkan varian produk terbarunya yakni Aspira Oil.

“Kehadiran Aspira Oil bukan hanya melengkapi jajaran produk Aspira, namun kami memformulasikannya dengan mendengarkan kebutuhan konsumen kami akan pelumas berkualitas,” tutur Direktur Astra Otoparts, Tujuh Martogi Siahaan.

Aspira Oil mengusung teknologi Smart Active Protection yang merupakan teknologi oli berkualitas tinggi dengan Smart Active Particle yang bekerja secara terus-menerus untuk melindungi mesin sehingga lebih awet dan tahan lama. 

Aspira Oil juga dilengkapi dengan Fuel Efficiency Formula yang membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Aspira Oil roda empat hadir dalam dua varian, yakni Smart Active Protection yang hadir dengan dua varian 10w-30 dan 10w-40, kemudian Ultimate Protection yang dihadirkan dalam varian 0w-20 dan 5w-30. 

Sedangkan Aspira Oil roda dua juga dihadirkan dalam dua varian, yakni Advance Performance Technology dengan varian 10w-30, 15w-40, 20w-40 dan Ultimate Performance Technology yang hadir pada varian 10w-40.

Produk oli dari Aspira ini mulai dapat dibeli pada 25 September 2023 di laman resmi astra yaitu astraotoshop.com dan official store Astra Otoparts di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan Blibli dengan diskon 10%.

Para konsumen pun juga bisa membeli Astra Oil di Shop & Drive, Shop & Bike, Motoquick, dan juga toko komponen seluruh Jawa dan Bali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips Memilih Oli Mobi

Oli Mobil.
Ilustrasi mobil sedang diisi oli. (Foto: Istimewa)

1. Pahami Jenis Oli Mesin Mobil

Pada dasarnya, saat ini di pasaran terdapat tiga jenis oli mesin mobil, yaitu oli mineral, oli semi sintetik, dan full sintetik. Oli mineral adalah oli yang terbuat dari bahan yang didapat dari olahan minyak bumi. Oli mineral umumnya cocok untuk mobil tahun 1990-an ke bawah.

Oli sintetik adalah kombinasi dari bahan base oil sintetik dengan bahan mineral, biasanya dengan rasio kombinasi base oil antara 80:20 atau 70:30. Oli ini cocok untuk mobil keluaran tahun 2000-an.

Sedangkan oli full sintetik adalah jenis oli paling unggul apabila dibandingkan dengan kedua jenis diatas.

Oli full sintetik ini cocok untuk mobil keluaran tahun 2010 ke atas, yang sudah mengadaptasi teknologi terbaru.

2. Perhatikan Pengujian dan Sertifikasi Oli

Oli yang berkualitas tinggi biasanya telah melewati berbagai pengujian dan sertifikasi untuk memastikan bahwa oli tersebut memenuhi standar kualitas tertentu.

3. Sesuaikan Viskositas Oli dengan Jenis Kendaraan

Memahami viskositas sangat penting karena mempengaruhi kemampuan oli untuk mengalir dan melumasi komponen mesin. Oli yang terlalu encer tidak dapat memberikan lapisan pelumas yang cukup untuk melindungi permukaan logam. Sebaliknya, oli yang terlalu kental akan memiliki hambatan gerak yang tinggi, yang berpotensi mengurangi efisiensi pelumasan.


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya