Bocoran Model Kedua Neta yang Bakal Diproduksi Lokal di Indonesia

Setelah Neta V-II, Neta Auto Indonesia bakal memproduksi mobil listrik model lain. Simak bocorannya

oleh Septian Pamungkas diperbarui 01 Jun 2024, 15:03 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2024, 15:03 WIB
Neta V-II
NETA Auto Indonesia resmi memulai aktivitas produksi mobil listrik NETA V-II secara Completely Knocked Down (CKD) di pabrik PT Handal Indonesia Motor di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. (Liputan6.com / Septian P.)

Liputan6.com, Jakarta - NETA Auto Indonesia menunaikan janjinya untuk memproduksi secara lokal mobil listrik Neta V-II. Proses produksi telah resmikan pada Jumat (31/5/2024) dan dilakukan secara Completely Knocked Down (CKD) di pabrik PT Handal Indonesia Motor di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Disebutkan, Neta V-II yang diproduksi lokal ini memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sebesar 44 persen. Hal itu tak terlepas dari dukungan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia sebagai penyuplai baterai Lithium Ferro-Phosphate (LFP) yang ramah lingkungan.

Selain Neta V-II, Neta Auto Indonesia berencana untuk memproduksi model lain dalam Waktu dekat. Hal itu disampaikan Yusuf Anshori selaku Marketing Director PT NETA Auto Indonesia.

"Ya, nanti akan ada lagi model lain yang akan diproduksi di sini," kata Yusuf saat ditemui di pabrik PT Handal Indonesia Motor di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

"Kemarin juga sudah sempat disampaikan jika di tahun inipun akan diluncurkan Neta X di Semester II. Dua produk ini yang awal-awal akan diproduksi di dalam negeri," tambahnya.

Dirinya juga memastikan proses produksi Neta X di dalam negeri bakal dilakukan pada tahun ini. "Ya (produksi Neta X) tahun ini juga," katanya.

Terkait Neta X, Yusuf enggan berkomentar lebih jauh terkait mobil listrik yang akan mengisi segmen Medium SUV 5-seater. Dirinya juga menyatakan, buku pemesanan Neta X belum dibuka.

"Neta X belum open order. (Untuk Waktu peluncurannya) akan kami kabari lagi nanti. Intinya, dari segi positioning Neta X lebih besar dari Neta V-II," jelasnya.


Nasib Neta V

Sebelum merilis Neta V-II, Neta Auto Indonesia meniagakan Neta V yang statusnya completely build up (CBU) dari Thailand. Dan hingga saat ini, Neta V masih dijual. 

Yusuf Anshori selaku Marketing Director PT NETA Auto Indonesia menegaskan, untuk saat ini unit yang diproduksi secara CKD di pabrik HMI adalah Neta V-II.

Terkait Neta V yang masih ada, Neta Auto Indonesia akan berusaha menghabiskan stoknya. Sayang Yusuf enggan merinci berapa banyak unit CBU yang masih tersedia. Ia juga memberi sinyal bahwa pihaknya tak akan lagi mendatangkan unit CBU.

"Untuk saat ini (menghabiskan) stok yang ada sekarang saja, tapi untuk nantinya semua yang akan dijual adalah yang rakitan sini," ujarnya.

 

Ia juga menyampaikan adanya peluang potongan harga untuk stok Neta V model CBU yang jumlahnya dirahasiakan tersebut.

 

"Mungkin nanti akan ada penyesuaian (harga) lagi dari tim sales, tapi untuk saat ini saya belum bisa beri informasi lebih lanjut karena saat ini kami sedang fokus dulu dengan CKD Neta V-II," pungkasnya.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya