Gratis, Uji Emisi Jadi Bagian dari Servis Berkala di Bengkel Auto2000

Bengkel Auto2000 menjadikan uji emisi sebagai bagian dari servis berkala untuk menjaga kondisi mobil supaya tetap prima

oleh Septian Pamungkas diperbarui 01 Sep 2024, 15:07 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 15:07 WIB
Uji Emisi
Uji emisi merupakan pengukuran gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi kualitas kinerja mesin kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Bengkel Auto2000 menjadikan uji emisi sebagai bagian dari servis berkala untuk menjaga kondisi mobil supaya tetap prima. Pelanggan tidak dipungut biaya atas layanan uji emisi saat melakukan servis berkala di bengkel Auto2000 di seluruh Indonesia.

"Jika belum lulus uji emisi, Service Advisor akan memberikan saran perbaikan berdasarkan kondisi kesehatan mesin mobil pelanggan," terang Yagimin, Chief Marketing Auto2000 dalam keterangan resminya.

Perlu diketahui, pelanggan tetap dapat melakukan uji emisi mandiri di bengkel Auto2000 tanpa perlu menunggu waktu servis berkala, khususnya ketika masa berlaku lulus uji emisi sudah habis dan ingin perpanjang STNK.

Auto2000 mengenakan biaya uji emisi berkisar Rp 163 ribu untuk wilayah Jakarta. Disebutkan, harga dapat berubah sewaktu-waktu, menyesuaikan dengan PPN dan pertimbangan faktor lainnya.

Di luar proses administrasi, uji emisi di bengkel Auto2000 tak memakan waktu lama, dilanjutkan memasukkan data hasil uji ke pihak terkait.

Sekadar informasi, Auto2000 memberikan layanan uji emisi untuk mobil Toyota segala usia dalam mendukung upaya Pemprov Jakarta menurunkan tingkat polusi udara yang dihasilkan oleh gas buang kendaraan bermotor.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jakarta akan kembali menggiatkan uji emisi kendaraan pribadi, bahkan ada rencana uji emisi akan menjadi syarat perpanjangan STNK kendaraan bermotor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Maksud Uji Emisi

Uji emisi merupakan pengukuran gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi kualitas kinerja mesin kendaraan.

Uji emisi mesin bensin fokus pada kadar HC (Hidrokarbon) dan CO (Karbon Monoksida) yang meningkat jika pembakaran mesin kurang sempurna.

Sementara uji emisi mesin diesel fokus pada tingkat kepekatan (opasitas) gas buang yang akan semakin tinggi ketika mesin bermasalah.

Infografis Journal
Fakta Olahraga Dapat Membantu Gangguan Kesehatan Mental (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya