Pengamat: Golkar Sudah Putuskan Capres Airlangga, Sulit Restui Ganjar-Erick

Wacana pasangan di Pemilu 2024 yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir mencuat usai disurakan oleh Ketua UMUM PAN Zulkifli Hasan.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Feb 2023, 23:22 WIB
Diterbitkan 27 Feb 2023, 22:05 WIB
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)
Para petinggi partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) saling bertemu. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Wacana pasangan di Pemilu 2024 yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir mencuat usai disuarakan oleh Ketua UMUM PAN Zulkifli Hasan.

Terkait itu, pengamat politik Apna Permana mengatakan, duet tersebut sulit mendapat restu untuk diusung dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), terlebih dari Golkar.

Diketahui, Golkar sudah memutuskan nama Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai bakal calon presiden yang akan mereka usung di Pemilu 2024.

"Ganjar-Erick sulit untuk mendapatkan restu dari partai-partai besar seperti Golkar dan PPP. Terlebih, Partai Golkar sudah memutuskan capres mereka Airlangga Hartarto," kata Apna dalam keterangannya, Senin (27/2/2023).

Dia menilai duet Ganjar dan Erick hanya ramai dan besar di media sosial. Sebab, keduanya diketahui memang aktif di media sosial.

Di sisi lain, Golkar juga tak akan mudah mengganti nama kandidat yang akan mereka usung di Pilpres 2024. Sebab, keputusan pengusungan Airlangga sudah disetujui melalui musyawarah nasional (Munas) partai.

Ia justru menyarankan agar partai mendorong kader terbaiknya untuk bisa maju di Pilpres 2024.

Selain itu, munculnya nama Ganjar Pranowo juga bakal menyulitkan Golkar dan PPP memberi restu pada duet Ganjar-Erick. Sebab, Ganjar sendiri saat ini masih menjadi kader PDIP

Apna mengaku, meskipun sulit mendapat restu, namun peluang keduanya untuk maju memang masih ada. Terlebih, dinamika politik di Indonesia sangat dinamis dan kerap memunculkan kejutan.

"Politik dinamis, masih banyak waktu yang mungkin terjadi," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pernyataan PAN

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan memberikan pantun khusus kedua sosok yang hadir dalam Workshop Rapat Koordinasi Nasional partai PAN yakni Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

"Jalan-jalan ke Simpang Lima jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, insyaAllah Indonesia tambah jaya," kata Zulhas di Hotel Padma, Minggu 26 Februari 2023.

Meski belum mengungkap terkait capres dan cawapres yang akan didukung PAN dalam Pemilu 2024.

"Mohon bersabar mudah-mudahan nanti bulan suci Ramadan, bulan baik kita sudah dapat gambar yang lebih terang," kata Zulhas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya