Ajukan 35,9 Persen Caleg DPR Perempuan, PKS: Karena Kita Atensi Gender

Aboe berharap PKS sebagai pendaftar pertama juga mendapat suara pertama atau terbaik di Pemilu 2024.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 08 Mei 2023, 12:34 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2023, 12:34 WIB
artai Keadilan Sejahtera (PKS) mendaftarkan Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat DAerah (DPRD) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU),  Senin (8/5/2023).
artai Keadilan Sejahtera (PKS) mendaftarkan Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat DAerah (DPRD) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin (8/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendaftarkan Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwailan  ke KPU RI, pada Senin (8/5/2023). Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Al Habsy menyatakan, total 580 caleg DPR RI yang sudah terdaftar ke KPU.

"Saya jelaskan untuk DPR RI dari 580 calon dan 84 dapil terpenuhi semua,” kata Aboe di Gedung KPU RI, Senin (8/3/2023).

Menurut Aboe, dari 508 terdapat 208 caleg perempuan. Ia menyebut PKS menaruh perhatian pada jumlah atau kuota perempuan.

"Ada 208 perempuan. Kita atensi pada gender. Jumlahnya 35,9 persen,” kata Aboe.

Aboe berharap PKS sebagai pendaftar pertama juga mendapat suara pertama atau terbaik di Pemilu 2024.

"Pemilu kita beejalan jurdil, rileks dan tak banyak hoaks. Dan dapatkan pimpinan terbaik. Katanya PKS pertama mendaftar, semoga Juga mendapat suara terbaik," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyatakan pihaknya menjadi parpol pertama yang mendaftar ke KPU.

"Alhamdulilah kita tanggal 8 PKS no 8 mendaftarkan menjd peserta pertama dalam kontestasi pemilu 2024. Mudah2an ini bagi kita menjadi penyemangat bahwa PKS  siap menyongsong demokrasi 2024,” kata Syaikhu di KPU RI, Senin (8/5/2023).


Jalan dari Taman Suropati ke KPU

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendaftarkan Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat DAerah (DPRD) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU),  Senin (8/5/2023).
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendaftarkan Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat DAerah (DPRD) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin (8/5/2023).

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melakukan longmarch ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta. Nantinya, mereka akan melakukan pendaftaran Bakal Calon Anggota DPR RI, dan DPRD ke KPU dan KPUD secara serentak di Indonesia.

Pantauan di lapangan, longmarch ini dilakukan mulai dari Taman Suropati. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Sekjen Aboe Bakar Al-Habsyi. Dalam rombongan tersebut, nampak terlihat adanya seorang publik figur atau artis/komedian yakni Sunarji alias Narji. Ia terlihat menggunakan jas berwarna krem milik PKS.

Dalam menuju ke KPU, diiringi dengan para pemain drum band serta sejumlah relawan yang memakai kaos berwarna putih-oren sambil membawa bendera merah putih dan sejumlah spanduk.

Kegiatan longmarch ini diketahui dimulai sejak pukul 09.38 Wib.

 

 

 

 

 

 

Infografis Nomor Urut 18 Parpol Peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Nomor Urut 18 Parpol Peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya