Elektabilitas Tinggi Dinilai Bukti Prabowo Capres Paling Diharapkan Masyarakat

Diketahui, Prabowo Subianto meraih elektabilitas tertinggi di hampir seluruh hasil lembaga survei Indonesia.

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Jul 2023, 17:43 WIB
Diterbitkan 16 Jul 2023, 12:24 WIB
Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto saat menghadiri Konsolidasi Akbar Partai Gerindra se-Jakarta Timur yang digelar di GOR Velodrom, Jakarta Timur, Minggu (16/7/2023).
Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto saat menghadiri Konsolidasi Akbar Partai Gerindra se-Jakarta Timur yang digelar di GOR Velodrom, Jakarta Timur, Minggu (16/7/2023). (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)

Liputan6.com, Jakarta - Tingginya elektabilitas calon Presiden (capres) Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi bukti dukungan masyarakat semakin kuat. Dukungan masyarakat itu menjadi bukti Prabowo merupakan capres paling kompeten.

Pengamat politik, Fetra Ardianto mengatakan elektabilitas Prabowo yang tinggi di hampir seluruh lembaga survei sudah sangat membuktikan masyarakat sangat mengharapkan Prabowo menjadi presiden Indonesia selanjutnya. Fetra mengakui masyarakat saat ini sangat memperhatikan Prabowo dibanding kandidat capres lainnya.

"Adanya elektabilitas yang tinggi itu merupakan bentuk dari dukungan masyarakat dalam memilih Prabowo," ucap Fetra.

Masyarakat sebenarnya sudah mengenal sosok Prabowo sebagai seorang tokoh negarawan. Masyarakat juga mengenal Prabowo sebagai sosok patriot yang mengabdikan sisa hidupnya hanya untuk bangsa dan negara.

Ketulusan Prabowo yang seperti itu membawa dukungan masyarakat semakin meningkat terhadap Prabowo. Popularitas Prabowo sudah sangat dikenal sebagai figur yang ikhlas dan tulus dalam menjaga kesatuan dan persatuan Republik Indonesia.

"Dari popularitas ini orang udah tau dulu nih (Prabowo) seorang tokoh," tambah Peneliti Senior Lembaga Survei Jakarta (LSJ) tersebut.

Diketahui, Prabowo Subianto meraih elektabilitas tertinggi di hampir seluruh hasil lembaga survei Indonesia. Terbaru, dalam hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023 Prabowo Subianto meraih hasil tertinggi sebanyak 35,8 persen dalam Simulasi 3 Nama Capres.

Prabowo bahkan masuk ke dalam Top of Mind Pilihan Presiden versi LSI dengan torehan suara sebanyak 20,0 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prabowo Tertinggi di LSI

Selain itu, Lembaga Survei Jakarta (LSJ) periode 20 hingga 29 Juni 2023 juga menempatkan Prabowo Subianto peraih hasil tertinggi dengan torehan suara sebanyak 40,3% diikuti Ganjar 32,6% dan Anies 20,7%.

Prabowo Subianto juga berhasil unggul dalam hasil Survei Indopol periode 5-11 Juni 2023 di skema tiga kandidat calon presiden denga torehan suara sebanyak 31,21 persen. Kemudian dalam hasil survei Political Weather Station (PWS) periode 10-18 Juni 2023, Prabowo Subianto meraih hasil yang sangat tinggi sebesar 40,5 persen, sedangkan Ganjar Pranowo mendapat 33,4 persen dan Anies Baswedan mendapat 20,8 persen.

Infografis Sinyal Dukungan Jokowi & Kesiapan Prabowo Nyapres di Pilpres 2024
Infografis Sinyal Dukungan Jokowi & Kesiapan Prabowo Nyapres di Pilpres 2024 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya