Lembaga Survei Nasional Nilai Bakal Capres Prabowo Subianto Disukai Gen Z dan Milenial

Bakal calon presiden (capres) Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) Prabowo Subianto dianggap sebagai pemimpin yang sangat tulus dan fokus terhadap kepentingan nasional.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 28 Agu 2023, 19:57 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2023, 19:55 WIB
Bakal calon presiden (capres) Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) Prabowo Subianto dianggap sebagai pemimpin yang sangat tulus dan fokus terhadap kepentingan nasional.
Bakal calon presiden (capres) Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) Prabowo Subianto dianggap sebagai pemimpin yang sangat tulus dan fokus terhadap kepentingan nasional. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden (capres) Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) Prabowo Subianto dianggap sebagai pemimpin yang sangat tulus dan fokus terhadap kepentingan nasional.

Anggapan tersebut didapat dalam hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) periode 10-19 Juli 2023 yang disampaikan Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry.

Menurut dia, Prabowo dipandang oleh generasi muda Indonesia sebagai sosok pemimpin yang sangat tulus mengabdikan diri kepada bangsa negara dan sosoknya selalu fokus menjalankan kepentingan serta pembangunan nasional.

"Dalam hal ini Prabowo dipandang oleh gen Z sebagai sosok pemimpin yang apa adanya, tulus, dan total fokus pada kepentingan nasional," ujar Gema melalui keterangan tertulis, Senin (28/8/2023).

Dia menjelaskan, dalam hasil survei tersebut menemukan generasi muda Indonesia cenderung tidak menyukai pemimpin yang paling banyak pencitraan. Gen Z dan milenial merupakan pemilih yang rasional dan tidak mudah terjebak dengan narasi pencitraan.

"Anak muda Indonesia ternyata termasuk dalam kategori pemilih rasional (rational voters) yang tidak mudah terjebak oleh politik pencitraan," papar Gema.

Bahkan, lanjut dia, dalam survei kali ini banyak di antara anak muda sangat menyukai kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). Gema menyebut, gen Z sangat menyukai kesuksesan Prabowo sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) yang berhasil mengakuisisi alutsista-alutsista canggih untuk Indonesia.

"Mayoritas dari Gen-Z juga mengapresiasi kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI sebagaimana ditemukan dalam survei LSN kali ini," terang Gema.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Survei LSN

Prabowo Dapat Dukungan Relawan Jokowi Mania untuk Pilpres 2024
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama relawan Jokowi Mania (Joman) menyampaikan keterangan pers usai melakukan pertemuan di Rumah Kertanegara, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Dalam pertemuan tersebut, relawan Joman sepakat mendukung Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024 dan bertransformasi menjadi Prabowo Mania 08. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Diketahui, dalam hasil survei LSN sebanyak 39,8 persen pemilih berusia 17 hingga 24 tahun memberikan dukungannya kepada sosok Prabowo. Kemudian, sebanyak 31,5 persen mendukung Ganjar Pranowo dan 23,4 persen ke Anies Baswedan.

"Temuan survei LSN lainnya mengindikasikan bahwa seandainya pilpres dilaksanakan saat ini, sebanyak 39,8 persen responden kelompok umur 17 sampai dengan 24 tahun yang mewakili Gen-Z mengaku akan memilih Prabowo Subianto," kata Gema.

"Sementara itu sebanyak 31,5 persen dari mereka menyatakan dukungannya pada Ganjar Pranowo dan 23,4 persen lebih memilih Anies Baswedan," pungkasnya.

Infografis 4 Suvei Terbaru Elektabilitas Duet Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Suvei Terbaru Elektabilitas Duet Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya