Demokrat Gelar Rapimnas 13-14 September: Tak Ada Deklarasi Cawapres Anies Baswedan, Tapi...

Partai Demokrat akan menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) dan peringatan hari ulang tahun pada 13-14 September 2023.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Agu 2023, 11:50 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2023, 11:49 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Demokrat. (Liputan6.com/ Delvira Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrat akan menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) dan peringatan hari ulang tahun. Rapimnas dan peringatan HUT Demokrat ini dilaksanakan pada 13-14 September 2023.

Akankah Demokrat juga mendeklarasikan bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan dalam Pemilu 2024?

Ketua DPP Demokrat Herman Khareon menyebut tidak ada momen deklarasi bakal cawapres Anies Baswedan.

"Momentum Rapimnas HUT ini sudah dibicarakan jauh hari sebelumnya. Artinya direktif ketua umum Mas AHY sudah minta dari jauh hari sebelumnya. Jadi tidak ada kaitannya (dengan deklarasi Anies)," kata Herman, Selasa (29/8/2023).

Sebagai ketua panitia, Herman belum mau mengungkap apa agenda Rapimnas Demokrat mendatang. Yang pasti, kata dia, ada agenda penting terkait perpolitikan saat ini.

"Yang pasti rapimnas akan membicarakan hal-hal yang penting tanggal 13," ujar Herman.

Demokrat justru menawarkan Anies untuk deklarasi pada Agustus ini. Karena lebih cepat lebih baik untuk pemenangan di Pemilu 2024.

"Namun untuk deklarasi sebaiknya sih bulan Agustus ini menurut pembicaraan kami di Demokrat akan lebih maju itu akan lebih baik bagi masa depan pemenangan Koalisi Perubahan," jelas Herman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukungan Demokrat untuk Anies Baswedan

Pada Jumat 24 Maret 2023, Partai NasDem, Demokrat, dan PKS berkoalisi dalam Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan di Pemilu 2024. Ketiganya pun sepakat menandatangani piagam Koalisi Perubahan.

"Hari ini milestone baru yaitu telah ditandatangani piagam Koalisi Perubahan," ujar perwakilan Anies Baswedan, Sudirman Said saat konferensi pers di Sekretariat Perubahan, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat 24 Maret 2023.

Menurut Sudirman, dengan resminya piagam deklarasi Koalisi Perubahan, maka NasDem, Demokrat dan PKS telah resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pemilu 2024.

"Dengan piagam itu, secara formal tiga partai secara bulat mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden," ujar Sudirman.

Selain itu, salah satu kesepakatannya adalah mengenai calon wakil presiden untuk Anies Baswedan. Hal tersebut disampaikan Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief.


Demokrat Ingin AHY Jadi Cawapres Anies Baswedan?

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan menilai, peluang bakal calon presiden Anies Baswedan untuk menang Pilpres 2024 akan tinggi apabila berpasangan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Hal tersebut menanggapi isu Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid yang disebut masuk radar cawapres Anies.

"Secara teori memang kalau ingin menang ya harus berpasangan sama AHY. Karena apa? karena AHY memiliki partai yang tidak kecil ya, cukup besar kan, bahkan sekarang kan sudah menembus 10 persen menurut survei," ujar Syarief di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (8/8/2023).

Syarief menyebut elektabilitas AHY dalam berbagai survei juga unggul dibandingkan Yenny Wahid, selain itu ia mengingatkan bahwa AHY memiliki modal sebagai Ketum Parpol. "Mas AHY kan cukup tinggi ya kan, jadi punya partai, suara nasionalnya juga tinggi. Nah kalau ingin menang harus berpasangan dengan AHY," ujar Syarief.

Syarief mengakui, pihaknya mendorong Anies segera mengumumkan nama yang dipilihnya sebagai cawapres. Dengan demikian pihaknya bisa segera melakukan sosialisasi.

"Kalau kami ini kan di luar pemerintahan, jadi kita harus sosialisasi lebih banyak ya kan, dibandingkan dengan masa kampanye yang tersedia, kalau ingin menang ya," pungkasnya.

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya