LSI Ungkap Faktor Penyebab Elektabilitas Anies Lebih Rendah dari Ganjar dan Prabowo

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menyebut alasan ketertinggalan elektabilitas Anies Baswedan dibandingkan dengan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

oleh Winda Nelfira diperbarui 30 Agu 2023, 16:17 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2023, 16:17 WIB
3 Tokoh yang menyatakan bakal maju menjadi calon presiden pada Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan
3 Tokoh yang menyatakan bakal maju menjadi calon presiden pada Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menyebut alasan ketertinggalan elektabilitas Anies Baswedan dibandingkan dengan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Salah satunya yakni tingkat kesukaan masyarakat terhadap Anies yang lebih rendah.

Hal ini disampaikan Djayadi saat memaparkan hasil survei LSI bertajuk "Isu-isu Nasional dan Update Peta Kompetisi Pilpres dan Pileg." Pada survei mengenai awareness dan kedisukaan tokoh, posisi Anies lebih rendah dari Prabowo dan Ganjar.

"Salah satu penjelasan mengapa Anies tertinggal dari Ganjar dan Prabowo adalah karena Anies tingkat kesukaannya lebih rendah dibandingkan dengan Ganjar dan Prabowo berdasarkan data ini," kata Djayadi dalam siaran YouTube LSI, Rabu (30/8/2023).

Pada tingkat pengenalan masyarakat terhadap tiga nama bacapres, Prabowo pada posisi pertama tokoh paling dikenal dengan 97,4 persen, disusul Anies 88,4 persen, dan Ganjar dengan 88,1 persen.

"Prabowo, Anies dan Ganjar pada dasarnya sudah cukup mentok itu popularitasnya. Prabowo sudah diangka hampir 100 persen, tingkat kesukaannya bagus 88 persen," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ganjar Tokoh Paling Disukai

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan
3 Tokoh yang menyatakan bakal maju menjadi calon presiden pada Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

Sementara itu, Ganjar Pranowo menjadi tokoh yang paling disukai oleh masyarakat dengan tingkat kesukaan 84,7 persen. Disusul Prabowo dengan tingkat kesukaan 88,2 persen, dan Anies di posisi ketiga dengan tingkat kesukaan 75,6 persen.

"Anies sudah di angka 88 persen yang yang mengenalnya. Tapi yang suka (Anies) lebih rendah dibandingkan dengan Prabowo dan dibandingkan dengan Ganjar Pranowo," ucap Djayadi.

Berdasarkan data ini, menurut Djayadi ketiga bacapres sebetulnya sudah sulit untuk menambah elektabilitas kalau hanya mengandalkan popularitas. Pasalnya, popularitas ketiga bacapres sudah menyentuh angka di sekitaran 90 persen.

Infografis Ragam Tanggapan Sandiaga Dukung Ganjar-Anies dan Goda Demokrat-PKS. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Sandiaga Dukung Ganjar-Anies dan Goda Demokrat-PKS. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya