Pengamat: Prabowo Aman dari Isu Hukum Jika Gandeng Yusril di Pilpres 2024

Pengamat Politik Syahrial Mayus menilai Prabowo Subianto akan terhindar dari isu kasus hukum jika memilih Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra jadi calon wakil presiden mendampinginya di Pilpres 2024.

oleh Nila Chrisna YulikaMuhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 21 Sep 2023, 10:10 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2023, 10:10 WIB
Prabowo Subianto dan Yusril Ihza Mahendra, tampil bersama di Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat (Istimewa)
Prabowo Subianto dan Yusril Ihza Mahendra, tampil bersama di Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Syahrial Mayus menilai Prabowo Subianto akan terhindar dari isu kasus hukum jika memilih Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra jadi calon wakil presiden mendampinginya di Pilpres 2024.

“Kalau mau aman, Prabowo pilih cawapres yang kalau bisa bersih dari catatan kasus hukum," ujar Syahrial dalam keterangan diterima, Kamis (21/9/2023).

Menurutnya, jika ia memilih Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Menteri BUMN Erick Thohir maka sangat mungkin bisa diserang dengan isu hukum. 

Syahrial menjelaskan, sepanjang perhelatan tahun politik, nama Airlangga dan Erick sempat menghebohkan pemberitaan nasional saat bersinggungan dengan hukum.

Syahrial mencatat, Airlangga sempat diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pemberian fasilitas ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO). 

Kemudian Erick, sebagai pemegang komando tertinggi di Kementerian BUMN berpotensi dikait-kaitkan usai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyebut ada 13 proyek di BUMN yang didanai penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp10,49 triliun yanf hingga saat ini belum jelas pertanggungjawabannya.

“Temuan BPK itu bisa saja menyeret nama Erick sebagai Menteri BUMN,” kata Syahrial.

Menganalisis catatan tersebut, Syahrial menyebut hanya nama Yusril yang saat ini belum dikaitkan dengan kasus hukum. Artinya, jika Prabowo menggandeng Yusril maka potensi kampanye hitam dengan membawa kasus hukum bisa dihindari.

“Sejarah membuktikan di pemilu apalagi pilpres selalu terjadi black campaign, saling serang, saling bongkar borok lawan. Jadi saya kira semua data itu harus jadi pertimbangan serius,” dia menandasi.


Erick Thohir Sebut Belum Pernah Bahas Pilpres 2024 dengan Prabowo

Menteri BUMN Erick Thohir mengaku belum pernah membahas soal Pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Nama Erick sendiri digadang-gadangkan sebagai calon kuat cawapres pendamping Prabowo di Pilpres 2024.

"Saya belum (bahas Pilpres dengan Prabowo)," kata Erick Thohir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Menurut dia, hubungannya dengan Prabowo sejauh ini masih dalam konteks pekerjaan sebagai menteri Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Pasalnya, ada beberapa tugas yang berkaitan antara Kementerian BUMN dengan Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo.

"Hubungan saya dengan Pak Prabowo menjadi bagian bagaimana tentu konteksnya waktu itu kita bekerja sama dalam pemberantasan korupsi Asabri dan sekarang memang sangat diinginkan adanya transformasi di industri pertahanan juga. Supaya memang dengan situasi geopolitik ini kita juga bisa, industri pertahanan kita lebih mandiri," jelasnya.

Saat ditanya apakah siap apabila menjadi cawapres Prabowo, Erick tak mau berandai-andai. Dia mengatakan hal tersebut terlalu dini untuk dibicarakan.

"Kan terlalu dini kalau bilang siap siap, enggak ada. Yang saya sudah sampaikan, percaya lah kayak lagunya Afgan, kalau jodoh pasti bertemu. Itu aja kan," tutur Erick.

Disisi lain, Erick menyampaikan dirinya berkomunikasi baik dengan capres 2024 yakni, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Hanya saja, dia menegaskan komunikasi tersebut tidak membahas soal politik.

"Komunikasi saya dengan Pak Ganjar, Pak Prabowo, sejak awal berlangsung dengan baik dan Pak Anies pun berlangsung dengan baik dengan konteks pekerjaa. Kita tidak bicara yang spesifik ke politik. Sampai sekarang silakan cek, Pak Ganjar masih baik hubungannya," pungkas Erick.

Infografis Bursa Cawapres Pendamping Ganjar dan Prabowo
Infografis Bursa Cawapres Pendamping Ganjar dan Prabowo (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya