Cak Imin: Politik Uang Merajalela, Kalau Tidak Punya Uang Sulit Menang Pilkada

Cak Imin mengatakan, sudah menjadi rahasia umum bahwa pemenang Pilkada hanyalah orang-orang memiliki uang. Sementara yang tidak memiliki uang menurutnya sangat sedikit yang menang.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 23 Sep 2023, 23:16 WIB
Diterbitkan 23 Sep 2023, 23:16 WIB
Bakal calon wakil presiden (bacawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Bakal calon wakil presiden (bacawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (Liputan6.com/ Nanda Perdana Putra)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan, maraknya politik uang membuat rakyat apatis terhadap Pilkada atau calon pemimpin daerahnya

"Jadi politik uang merajalela, politik pemaksaan merajalela, pilkada saya lupa tahun berapa mulai, sejak Pilkada itulah rakyat mulai apatis," kata Cak Imin di Posko Nasional Relawan, Sabtu (23/9/2023).

Bahkan, Cak Imin menegaskan, sudah menjadi rahasia umum bahwa pemenang Pilkada hanyalah orang-orang memiliki uang. Sementara yang tidak memiliki uang menurutnya sangat sedikit yang menang.

"Suara diukur dengan uang, yang menang rata-rata yang berduit, itu pilkada-pilkada ya di seluruh Indonesia jujur saja. Kalau yang tidak berduit hampir sulit menang pilkada," ujar Cak Imin.

Oleh karena itu, Cak Imin berharap, siapa pun pemenang di  pemilihan presiden (Pilpres) 2024 atau Pemilu harus mampu menyempurnakan demokrasi dan meniadakan politik uang.

"Salah satunya adalah tiga pokok. Kesamaan di depan hukum dan pemerintahan. Jadi tidak ada lagi mahalnya mendapatkan keadilan, tidak ada lagi. Itu kesamaan di depan hukum dan pemerintahan serta perundang-undangan," ujarnya.

Kedua, adanya  akses terhadap ekonomi dan sumber daya alam."Ketiga aman, merasa nyaman, nah ini kesempurnaan demokrasi," ujarnya.

Sebelumnya, Cak Imin menanggapi santai soal wacana Pilpres 2024 hanya dua poros. Dia mengaku siap berapapun jumlah poros di Pilpres mendatang. “Semua siap, dua pasang, tiga pasang kita siap,” kata Cak Imin usai bertemu relawan AMIN di Jakarta Selatan, Sabtu (23/9/2023). 

Saat ini, kata Cak Imin, pihaknya fokus menemui warga dan merebut hati rakyat tanpa memusingkan jumlah poros.

“Yang penting koalisi Amin solid gerak terus ke masyarakat berebut hati rakyat, bagaimanapun pun nanti konstalasinya apakah tiga calon atau dua calon atau bahkan 4 calon, kita yang penting semua gerakan relawan AMIN semua yg menjadi ujung tombak kemenangan tetap terus bergerak,” jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berharap Tidak Ada Lagi Polarisasi

Terkait potensi terulangnya polarisasi apabila Pilpres kembali hanya dua paslon, Cak Imin berharap tidak akan ada lagi perpecahan di masyarakat berapapun jumlah paslon nanti.

“Ya semoga tidak terjadi tapi apapun kita berharap lagi, berapa poros pun tidak ada lagi, karena sudah semakin dewasa, sudah tidak ada lagi perpecahan, tidak ada lagi antara kerawanan sosial,” pungkasnya.

Infografis Geger Kabar Cak Imin Jadi Cawapres Anies dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Geger Kabar Cak Imin Jadi Cawapres Anies dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya