Survei LSI: Prabowo-Erick Menang Lawan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin

Lembaga Survei Indonesia (LSI) membuat simulasi pasangan capres-cawapres pemilihan presiden (pilpres) 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto unggul jika dipasangkan dengan Menteri ESDM Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa maupun Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

oleh Aries Setiawan diperbarui 19 Okt 2023, 17:12 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2023, 17:12 WIB
Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir bertemu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Gedung Kemhan, Jakarta. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Survei Indonesia (LSI) membuat simulasi pasangan capres-cawapres pemilihan presiden (pilpres) 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto unggul jika dipasangkan dengan Menteri ESDM Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa maupun Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Pada simulasi pertama, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh angka 22,9 persen, Ganjar Pranowo-Mahfud Md 32,3 persen, dan Prabowo-Erick 38,0 persen. Sedangkan tidak jawab 6,9 persen.

Jika Prabowo dipasangkan dengan Gibran, maka tetap unggul dengan angka 36,0 persen. Sedangkan, Anies-Muhaimin 23,5 persen, Ganjar-Mahfud 33,1 persen, dan tidak jawab 7,4 persen.

Prabowo juga unggul bila Khofifah Indar Parawansa menjadi pasangannya dengan perolehan angka 36,3 persen. Sedangkan Anies-Muhaimin 23,4 persen, Ganjar-Mahfud 33,0 persen dan tidak jawab 7,3 persen.

"Kemungkinan besar atau dugaannya Prabowo itu akan memilih 1 di antara 3 kemungkinan yaitu Erick Thohir atau Khofifah Indar Parawansa atau pasca-keputusan MK kemarin adalah Gibran Rakabuming Raka," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam paparan surveinya secara daring, Kamis (19/10/2023).

Survei ini dilakukan pada tanggal 2 sampai 8 Oktober 2023. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) 1620 responden. Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar +/2.5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (dengan asumsi simple random sampling).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anies dan Ganjar Sudah Daftar ke KPU, Prabowo Belum Punya Pasangan

Anies dan Cak Imin atau dikenal dengan ‘AMIN’ menumpangi mobil Land Rover berwarna putih berpelat nomor (nopol) B 8165 JH.
Anies dan Cak Imin atau dikenal dengan ‘AMIN’ menumpangi mobil Land Rover berwarna putih berpelat nomor (nopol) B 8165 JH. (Foto: Istimewa).

Pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud, hari ini, Kamis, 19 Oktober 2023, telah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai peserta pilpres 2024.

Anies-Muhaimin menjadi pasangan capres-cawapres yang daftar pertama. Kemudian, pada siang harinya giliran pasangan Ganjar-Mahfud.

Pendaftaran pasangan Anies-Muhaimin ditandai dengan diserahkannya logo simbolik bertuliskan AMIN ke Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

"Izin kan kami mengucapkan terima kasih kepada KPU sehingga kami bisa mendaftar hari pertama hari ini," kata Anies di Kantor KPU RI Jakarta.

Menerima pendaftaran itu, Hasyim menyatakan berkas dan dokumen yang dibawa pasangan Anies-Muhaimin lengkap. Nantinya berkas itu akan diverifikasi oleh tim KPU untuk dicek sah dan tidaknya.

"Setelah itu memasuki tahap verifikasi, apakah sah atau belum. Ukurannya dua, benar atau belum, sah atau belum. Nanti ada kesempatan sekiranya belum, maka ada kesempatan untuk kelengkapan dan perbaikan," jelas Hasyim.

Sementara itu, pasangan Ganjar-Mahfud juga telah menyerahkan dokumen dalam bentuk fisik dan barcode.

"Kami akan menyerahkan dokumen visi misi yang jauh lebih gampang dilihat. Ini ada dokumen tertulisnya dan Pak Mahfud akan membawa barcode-nya, jadi siapa pun bisa membaca dengan mudah, mohon diterima," ujar Ganjar di KPU RI, Jakarta.

Ganjar yakin, bersama Mahfud melalui visi misi dan program yang sudah disiapkan, maka akan bisa lebih cepat membawa Indonesia maju lebih lincah lagi.

"Tentu kami mohon dukungan, mohon dorongan kepada masyarakat," ujar Ganjar.

Ganjar juga meminta KPU sebagai pemegang mandat penyelenggara pemilu untuk dapat adil dan netral menjadi wasit dalam memberikan pertandingan yang fair.

"Mudah-mudahan KPU akan menjadi wasit yang insyaallah pasti paling netral, pasti paling bisa memberikan layanan terbaik dan kita persembahkan untuk kemajuan bangsa dan negara," Ganjar menandasi.

Sedangkan Prabowo, sampai saat ini belum juga mendeklarasikan siapa cawapresnya. Dari kabar yang beredar, ada tiga kandidat kuat yang akan menjadi cawapres Prabowo yakni, Erick Thohir, Gibran Rakabuming dan Khofifah Indar Parawansa.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Infografis Tudingan Politik Dinasti dan Klarifikasi Gibran Rakabuming. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Tudingan Politik Dinasti dan Klarifikasi Gibran Rakabuming. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya