Kaesang Minta PSI NTT Kerja Keras Raup Suara dan Menangkan Prabowo-Gibran

Penegasan itu disampaikan Kaesang usai memberikan arahan pada kegiatan Kopdarwil PSI dirangkaikan dengan konsolidasi pemenangan pengurus dan bakal calon anggota legislatif PSI se-NTT.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Okt 2023, 06:27 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2023, 17:16 WIB
Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep (Nur Habibie/Merdeka.com)
Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep (Nur Habibie/Merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep meminta pengurus dan kader partai se-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memenangkan partai dan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming pada Pemilu 2024.

"Saya sudah titip sama ketua DPW, harus bekerja lebih keras lagi untuk ke depannya," kata Kaesang di Kupang, NTT, Jumat (27/10/2023) dilansir Antara. 

Penegasan itu disampaikan Kaesang usai memberikan arahan pada kegiatan Kopi Darat Wilayah (Kopdarwil) PSI dirangkaikan dengan konsolidasi pemenangan pengurus dan bakal calon anggota legislatif PSI se-NTT.

Ketua DPW PSI Provinsi NTT Christian Widodo dalam laporannya mengatakan bahwa PSI menargetkan satu fraksi untuk setiap DPRD kabupaten/kota dan DPRD provinsi di NTT.

"Pemilu 2019, kami mendapatkan 11 kursi. Satu kursi di DPRD Provinsi, 10 kursi di DPRD kabupaten/kota. PSI dapat satu fraksi utuh dengan tiga kursi di Kabupaten Ende," ungkapnya.

Pada Pemilu 2024, pihaknya mewajibkan pengurus PSI untuk merebut masing-masing satu fraksi pada 22 kabupaten/kota dan provinsi NTT.

"DPRD kabupaten/kota minimal tiga kursi, sementara DPRD provinsi lima kursi," ujarnya.

PSI merupakan satu dari sembilan partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024. Delapan parpol lainnya adalah Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, Gelora, Garuda, dan Prima.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kaesang Safari Politik ke NTT hingga Sabtu 28 Oktober 2023

PSI Resmi Usung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Dukungan itu langsung disampaikan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Untuk diketahui, saat ini Kaesang Pangarep bersama sejumlah petinggi PSI tengah mengadakan safari politik di NTT pada hari ini, Jumat 27 hingga Sabtu, 28 Oktober 2023.

Dalam safari politik selama dua hari itu, Kaesang dijadwalkan menghadiri beberapa kegiatan. Di antaranya silaturahmi dengan relawan Jokowi di NTT, yakni Bara JP, Solmet dan Alap-Alap Jokowi.

Selain itu, silaturahmi dengan perwakilan tokoh agama, suku, adat, organisasi pemuda, dan organisasi kemasyarakatan, serta kunjungan peduli stunting di Kampung Alor, penyerahan simbolis pemberian makanan tambahan, dan mengunjungi sentra usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Sebagai informasi, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi memberikan dukungan kepada pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Usai memberikan dukungan, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep memberikan pesan kepada Prabowo-Gibran.

"Sesuai juga dengan jalan ninja PSI kepada Bapak Prabowo dan Mas Gibran, kami berpesan agar menjadikan Pemilu 2024 sebagai pemilihan yang santun dan santui," kata Kaesang dalam sambutannya di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023).

Putra bungsu Presiden Jokowi itu juga berpesan agar tidak mudah untuk mengejek apalagi merendahkan dan sampai memfitnah pasangan lain.

"Tidak dikit-dikit ngegas, ngejek, merendahkan, apalagi sampai memfitnah. Kalau ada yang memprovokasi, ya woles aja. Kalau ada yang fitnah, jogetin aja. Kalau ada yang sebar hoaks, ya senyumin aja. Ojo nesu, kalau perlu kasih jempol," ujar Kaesang Pangarep.

"Nih makna jempol. Kemarin lumayan ramai, tapi ya kalau ada yang ngerti, kalau enggak ngerti ya coba di-google," pungkasnya.


PSI Resmi Dukung Prabowo-Gibran

Kaesang Pangarep dan Prabowo Subianto
Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengenakan jaket PSI berwarna merah dan langsung disambut Prabowo yang mengenakan pakaian putih. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai bacapres-bacawapres pada pilpres 2024. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep.

"Kami PSI siap mendukung Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran Rakabuming Raka sebagai capres-cawapres 2024," kata Kaesang di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023).

Namun, saat itu dirinya sempat berkelakar jika ia bisa menjadi bacawapres untuk mendampingi Prabowo dalam pilpres 2024 mendatang.

"Jadi kami PSI siap mendukung Bapak Prabowo Subianto dan Kaesang Pangarep, siapa tahu masih punya kesempatan," ujar Kaesang.

"Saya coba-coba dikit lah, siap salah, siap salah," sambungnya.

Koalisi Indonesia Maju (KIM) resmi mengumumkan nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres untuk mendampingi bakal capres Prabowo Subianto.

Pengumuman Gibran itu disampaikan langsung Prabowo didampingi para ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju di kediamannya Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023).

"Seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo.

Infografis Kaesang Pangarep Jadi Ketum PSI. (Liputan6.com/Abdillah
Infografis Kaesang Pangarep Jadi Ketum PSI. (Liputan6.com/Abdillah
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya