Mahfud Md Akan Sambangi Pesantren di Jawa Timur

Mahfud Md dijadwalkan akan menggelar silaturahmi dengan pengurus Ponpes Salafiyah Syafiiyah Situbondo dan dialog kepesantrenan dengan para santri.

oleh Mevi Linawati diperbarui 03 Des 2023, 08:54 WIB
Diterbitkan 03 Des 2023, 08:51 WIB
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud Md menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo.
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud Md menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo. (Dok. Tangkapan Layar Youtube PDIP)

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md akan menyambangi tiga pesantren di wilayah Jawa Timur pada hari keenam kampanye Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Berdasarkan agenda yang dirilis sekretariat Tim Pemenangan Nasional (TPN), Mahfud Md dijadwalkan akan mengawali kampanyenya di Situbondo, Probolinggo, dan Bondowoso.

Mahfud dijadwalkan tiba pukul 10.00 WIB dan akan menggelar silaturahmi dengan pengurus Ponpes Salafiyah Syafiiyah Situbondo dan dialog kepesantrenan dengan para santri. Demikian dilansir dari Antara.

Selanjutnya pada pukul 12.30 WIB, Mahfud dijadwalkan akan tiba di Probolinggo untuk bersilaturahmi dengan pengasuh pesantren se-Probolinggo dan Pasuruan di Ponpes Nurul Jadid Paiton, Probolinggo.

Rangkaian kegiatan Mahfud di Jawa Timur pada hari keenam kampanye akan diakhiri dengan menghadiri shalawatan dan doa bersama di Lapangan Victory, Bondowoso pada pukul 20.00 WIB.

KPU RI pada Senin 13 November 2023 telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pesan Mahfud MD di Pemilu 2024: Pilih Sesuai Bisikan Nurani

Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2024
Calon Presiden/Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menandatangi "Deklarasi Kampanye Pemilu Damai" di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Senin, 27 November 2023. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD mendapat dukungan dari sejumlah kiai dan santri di wilayah Mataraman (Trenggalek, Kediri, Blitar, Madiun, Tulungagung, Madiun, Ngawi, Pacitan, dan Nganjuk). Dukungan itu tergabung dalam Kiai Santri Bersama Mahfud (KSBM).

Deklarasi dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 3 berlangsung di Pondok Pesantren Sulaiman Trenggalek, Jawa Timur. Mahfud yang hadir dalam deklarasi itu menerima sejumlah aspirasi dari santri dan tokoh pesantren.



Menanggapi hal itu, Mahfud mengatakan, dukungan dan deklarasi menjadi hal yang wajar dalam ajang kontestasi pemilihan umum. Namun, ia berpesan agar masyarakat tetap menjaga negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Karena musim pemilu ya deklarasi oke. Pilih sesuai dengan bisikan nurani dan keyakinannya tentang apa yang baik bagi Indonesia," kata Mahfud, di Ponpes Sulaiman, Tenggralek, Sabutu (2/12/2023).

Meskipun di tengah hiruk pikuk pemilihan umum, Mahfud berharap kalangan pesantren menjadi garda terdepan dalam menjaga kerukunan dan perdamaian di tengah masyarakat.

"Saya berharap dengan ini semua Kiai dan santri tetap rukun membawa semangat ke pesantren yang penuh kejujuran kerukunan dan membangun masyarakat," sebutnya.


Menko Polhukam ini juga berpesan, dalam Pemilu 2024, para santri maupun masyarakat diminta menilai secara objektif terhadap seluruh kandidat yang dicalonkan, termasuk dirinya.

"Saya kebetulan dipercaya untuk menjadi salah satu calon, oke saya siap maju dan silakan dinilai dengan objektif dengan benar kalau cocok pilih kalau ndak tidak usah begitu," ucapnya.

Ia menegaskan, pondok pesantren memiliki nilai penting bagi kemajuan bangsa Indonesia. Bahkan kini kemajuan sumberdaya manusia di lingkungan lembaga pendidikan islam maupun pesantren berkembang pesat.

"Bahkan banyak sumberdaya pesantren yang kini menduduki jabatan penting di pemerintahan," ujarnya.


Yenny Wahid Awali Safari Kampanye Ganjar-Mahfud dengan Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati

Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang dikenal dengan Yenny Wahid (Istimewa)
Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang dikenal dengan Yenny Wahid (Istimewa)

Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang dikenal dengan Yenny Wahid melakukan ziarah ke makam syekh Syarif Hidayatullah atau Walisongo Sunan Gunung Jati di komplek pemakaman bukit Gunung Jati atau Astana Gunung Sembung, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (1/12).

Yenny Wahid mengatakan Sunan Gunung Jati merupakan salah satu Walisongo yang menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa. Sehingga dirinya berziarah sekaligus berdoa agar semua niatannya dimudahkan.

"Intinya kami datang kesini untuk ziarah ke makam syekh Sunan Gunung Jati dan tentunya di tempat ini berdoa kepada Allah SWT agar semua niatan kita itu dimudahkan jalannya," ujar Yenny Wahid di lokasi.

Selain itu, Yenny mengungkapkan bahwa dirinya sowan ini agar dapat mengambil hikmah dari kisah-kisah perjalanan dan perjuangan Sunan Gunung Jati dalam menyebarkan Islam di tanah Jawa.

Menurut Yenny, di tempat tersebut banyak ras yang bertemu, dari sosok Syekh Sunan Gunung Jati sendiri ada arabnya. Sementara salah satu istrinya ada yang keturunan China sehingga terjadi campuran budaya.

"Artinya disini ada akulturasi budaya, ada campuran budaya yang diterima dengan sangat terbuka, dengan sangat toleran, awal bawa kebaikan kepada masyarakat. Sunan Gunung Jati itu perjalanannya kemana-mana, ke seluruh dunia, itu yang menjadi semangat kita," ujarnya.

Putri mantan Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid ini sebagai bentuk sowan kepada Sunan Gunung Jati dalam melakukan sejumlah kegiatan sebagai TPN Ganjar -Mahfud di Jawa Barat dan Jawa Tengah setelah sebelumnya melakukan road show di Jawa Timur.

"Mengawalinya harus sowan dulu kepada Sunan Gunung Jati supaya mendapatkan barokah, dimudahkan semua langkahnya, terutama Semua yang diniatkan untuk kebaikan bangsa Indonesia," pungkasnya.2 dari 3 halaman


Dukung Ganjar-Mahfud, Relawan Gerak Matahari Fokus Rebut Suara Milenial dan Gen Z

Mahfud MD Cawapres pendamping Ganjar Pranowo
Mahfud Md juga dianggap memiliki pengalaman yang lengkap dan sebagai politikus trias politika atau yang pernah menduduki jabatan di eksekutif, legislatif dan yudikatif. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapat dukungan dari Relawan Gerak Matahari (GM) yang mendeklarasikan dukungan di Jakarta, Sabtu 2 Desember 2023. Relawan GM sendiri merupakan Eksponen Muda Muhammadiyah yang mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Koordinator Nasional Relawan Gerak Matahari (GM) untuk Ganjar-Mahfud, Dzulqarnain menekankan pentingnya kepemimpinan yang komprehensif dan konsisten. Dia menyebut relawan GM berkomitmen menyoroti potensi terbaik dari Ganjar-Mahfud kepada publik.

"Kami ingin menampilkan potensi-potensi terbaik dari Ganjar-Mahfud ke ruang-ruang publik,” kata Dzulqarnain dikutip dari siaran pers, Minggu (3/12/2023).

Dalam kesempatan ini, Relawan GM menggelar diskusi publik yang mengangkat tema 'Pemimpin Holistik untuk Indonesia Unggul'. Hasil dari diskusi ini menjadi bahan bagi Relawan Gerak Matahari untuk meyakinkan masyarakat bahwa pasangan Ganjar-Mahfud adalah pilihan terbaik untuk memimpin Indonesia ke depan.

"Mereka dipandang sebagai pemimpin yang telah melalui fase kepemimpinan yang matang serta memperjuangkan semangat meritokrasi dalam demokrasi Indonesia," ujarnya.

Selain itu, Dzulqarnain menyampaikan Ganjar-Mahfud merupakan pasangan capres-cawapres yang komplet. Pasangan yang diusung oleh PDIP, PPP, Partai Hanura, dan Perindo itu dinilai bersih serta selaras antara ucapan dan tindakan.

"Sebelumnya kami adalah relawan eskponen Pemuda Muhammadiyah, tergabung-gabung dalam anak-anak muda Muhammadiyah pendukung Jokowi-Ma’ruf. Hari ini kita berada di bawah payung Gerak Matahari untuk Ganjar-Mahfud," jelas Dzulqarnain.

 

Infografis Ragam Tanggapan Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya