Ganjar Pranowo Akan Sambangi IKN Nusantara

Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dijadwalkan bertolak ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada pekan ini.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 05 Des 2023, 20:00 WIB
Diterbitkan 05 Des 2023, 20:00 WIB
Kegiatan Ganjar Pranowo di IKN Nusantara
(via: Instagram.com/ganjar_pranowo)

 

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dijadwalkan bertolak ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada pekan ini.

Rencana kunjungan itu disampaikan langsung oleh Ganjar usai berkunjung ke Pondok Pesantren Syaichona Cholil, Balikpapan Kalimantan Timur, Selasa (5/12/2023).

"Insyaallah. Nanti saya lihat jadwalnya besok atau lusa," kata Ganjar kepada wartawan.

Disinggung terkait agenda kegiatannya di IKN, Ganjar belum bersedia membocorkannya. "Tunggu di sana," singkat Ganjar.

Ganjar Pranowo melakukan kampanye di Balikpapan, Kalimantan Timur pada hari ini, Selasa (5/12/2023).

Setiba di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Ganjar Pranowo langsung pergi menyapa warga dan pedagang di Pasar Baru, Klandasan Ilir.

Selain itu, ada lagi beberapa agenda kampanye dilakukan Ganjar di Balikpapan pada hari ini. Diantaranya bertemu dengan Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud dan Calon Anggota Legislatif (Caleg) partai koalisi, serta relawan di Swiss-bel Hotel Balikpapan. Kemudian, Salat Zuhur di Masjid Agung At-Taqwa Balikpapan.

Berikutnya, makan siang bersama pimpinan partai koalisi, tokoh dan relawan di Warung Makan Jogja.Selanjutnya, Berkunjung ke Ponpes Syaichona Cholil. Selain itu makan malam dengan tokoh lintas agama dan menghadiri acara deklarasi dukungan dari masyarakat adat dayak.

Kunjungan pada hari pertama ke Balikpapan, Ganjar akan mengakhiri kegiatannya dengan nongkorng bareng Millennial, Gen Z dan Infulencer lokal.

 


Ganjar Komitmen Beri Perhatian kepada Penyandang Disabilitas

Calon presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengunjungi kelompok disabilitas di Loka Bina Karya Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (5/12/2023).

Pada pertemuan itu, Ganjar mendengarkan keluhan dari seorang penyandang disablitas bernama Umar Fauzan. Dia menyinggung akses pendidikan bagi penyandang disabilitas yang belum merata di tiap provinsi.

“Terutama berkenaan dengan kami disabilitas yang mungkin kebijakan hanya sampai di kota besar. Semisalnya mengenyam pendidikan, karena ini akan berkaitan dengan SDM. Kalau di kota besar teman-teman disabilitas bisa akses pendidikannya sampai ke S2 dan S3, ini perlu kepedulian dari pemerintah,” kata Umar Fauzan.

Dia kemudian ingin mengetahui kebijakan yang akan diambil Ganjar Pranowo apabila terpilih menjadi Presiden RI periode 2024-2029, terutama berkaitan dengan penyandang disabilitas.

“Ingin saya pertanyakan, apa kebijakan kalau jadi RI 1 (Presiden)? Seperti memberikan akses pendidikan dan dirasakan sampai ke daerah?,” tanya Umar Fauzan kepada Ganjar.

 


Pendidikan Penting

Mendapatkan pertanyaan itu, Ganjar pun menjawab bahwasanya akses pendidikan sangatlah penting bagi semua kalangan, termasuk kelompok disabilitas.

“Kalau anak-anak ini dia punya prestasi bagus, dia bisa sampai S3, tidak peduli apakah dia selama ini yang mengikuti jalan jalur biasa atau berkebutuhan khusus, karena negara memberikan jaminan itu tidak pandang bulu. Maka tugasnya adalah mendorong mereka,” ujarnya.

Ganjar Pranowo mengatakan, sejatinya aturan bagi para disabilitas untuk mendapatkan akses yang merata sudah ada, tinggal pelaksanaan saja diawasi secara baik dan benar.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya