Pesan Anies ke Anak Muda: Anda Pemilik Masa Depan, Pilih yang Serius Jadi Presiden Bukan yang Main-Main

Calon presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan mengimbau, anak muda sebagai pemilik masa depan Indonesia untuk berhati-hati memilih pemimpin. Dia mengajak, anak muda memilih pemimpin yang serius.

oleh Winda Nelfira diperbarui 13 Des 2023, 06:45 WIB
Diterbitkan 13 Des 2023, 06:45 WIB
Ekspresi Para Capres/Cawapres saat Paparan Visi Misi pada Debat Perdana Pilpres 2024
Calon Presiden nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan saat paparan visi dan misi pada debat perdana Calon Presiden pada Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan mengimbau, anak muda sebagai pemilik masa depan Indonesia untuk berhati-hati memilih pemimpin. Dia mengajak, anak muda memilih pemimpin yang serius.

Hal ini disampaikan Anies dalam sesi penyampaian pernyataan pamungkas sebagai penutup debat perdana capres untuk Pilpres 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

"Anak-anak muda, kita semua menyadari Pemilu tentang masa depan anda memilih masa depan. Saya yakin anda memilih yang serius menjadi presiden bukan yang main-main untuk menjadi presiden," kata Anies.

Lalu, Anies menekankan pada aspek kebebasan berpendapat. Menurutnya, apabila menjadi presiden terpilih di Pilpres 2024, kebebasan berpendapat bakal dijamin AMIN.

"Dan ketika kita bicara masa depan saya ingin menyampaikan kepada semua kebebasan berpendapat akan dijamin. Kita tidak mengizinkan lagi situasi di mana orang takut maka saya sampaikan wakanda no more Indonesia forever," ucap Anies.

 


Singgung soal Pemberantasan Korupsi

Ekspresi Para Capres/Cawapres saat Paparan Visi Misi pada Debat Perdana Pilpres 2024
Calon Presiden nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan saat paparan visi dan misi pada debat perdana Calon Presiden pada Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain itu, Anies juga menyinggung soal pemberantasan korupsi di Indonesia. Dia menyampaikan, Indonesia tak lagi boleh berada di persimpangan jalan terkait pemberantasan korupsi.

"Saya rasa kita sama, rakyat Indonesia kita semua bahwa kita menginginkan sebuah negeri di mana praktek korupsi diberantas hingga tuntas, pemerintah memberikan pelayanan yang terbaik dan kita menjunjung etika," ungkap dia.

Oleh sebab itu, lanjut Anies dalam situasi seperti ini AMIN membawa gerakan perubahan untuk mengembalikan tatanan hukum di Indonesia. Etika, ujar dia mesti dijunjung tinggi.

"Kita ingin mengembalikan tetap menjadi negara hukum dimana negara tetap menjadi negara hukum dimana kekuasaan dikendalikan. Dan saya ingin mengatakan bahwa etika dijunjung tinggi ketika ada pelanggaran etika jangan bersembunyi dibalik keputusan hukum," tutur dia.


Anies Baswedan: Kebebasan Berbicara Menurun, Oposisi Minim

Sebelumnya, calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan berbicara soal tema penguatan demokrasi di Tanah Air.

Moderator debat membacakan pertanyaan dari panelis, yakni salah satu pilar penting demokrasi adalah parpol, namun kepercayaan publik ke parpol di RI selalu rendah, apa kebijakan yang akan anda lakukan untuk melakukan pembenahan tata kelola parpol.

"Saya rasa itu lebih dari partai politik, rakyat tidak percaya dengan proses demokrasi yang sekarang terjadi," kata Anies dalam debat capres di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023).

Anies menerangkan, kalau bicara soal demokrasi maka minimal ada 3 hal. Satu adanya kebebasan untuk berbicara. Kedua, adanya oposisi yang bebas untuk mengkritik pemerintah dan menjadi penyeimbang pemerintah, dan ketiga adanya proses pemilu pilpres, pilpres yang netral, transparan, jujur dan adil.

"Dan kalau kita saksikan, akhir-akhir ini mengalami problem. Kita lihat bagaimana kekebasan berbicara menurun, termasuk mengkritik parpol. Dan angka demokrasi kita, indeks demokrasi menurun," ucap Anies

Infografis Debat Perdana Capres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Debat Perdana Capres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya