Polda Metro Kerahkan 11.385 Personel Kawal Pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024

Tercatat, setidaknya ada 65.495 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 30 Jan 2024, 14:16 WIB
Diterbitkan 30 Jan 2024, 14:16 WIB
Dua TPS di Tangerang Selatan Lakukan Pencoblosan Ulang
Warga memasukkan surat suara ke dalam kotak saat pemungutan ulang Pemilu 2019 di TPS 49 Rengas, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Rabu (24/4). Pencoblosan ulang dilakukan lantaran ditemukannya pelanggaran oleh Bawaslu saat pemilu serentak pada 17 April 2019 lalu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan, sebanyak 11.385 personel dikerahkan mengawal pelaksanaan pemungutan suara, 14 Februari 2024.

Tercatat, setidaknya ada 65.495 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di wilayah hukum Polda Metro Jaya. 

"Total jumlah personel Polda Metro Jaya dan polres jajaran yang akan melaksanakan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) itu 11.385 personel," kata Ade Ary, Selasa (30/1/2024).

Ade Ary mengatakan, 4.744 personel hadir mengikuti apel gelar pasukan pengecekan petugas BKO pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya pada, Selasa (30/1/2024). Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Suyudi Ario Seto bertindak sebagai pemimpin upacara apel.

"Jadi semua anggota yang akan melaksanakan pengamanan TPS atas perintah bapak Kapolda Metro Jaya itu dilakukan apel dan dicek kesiapan personelnya. Kemudian perlengkapan-perlengkapan personel yang ada harus mereka bawa dicek satu-satu," ujar Ade Ary.

Ade Ary menjelaskan, kepolisian dalam hal ini mengklasifikasikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) menjadi beberapa kategori yakni kurang rawan, rawan, dan rawan. Penilaiannya berdasarkan kondisi dan situasi.

"Dinilai dari kriteria pertimbangan kondisi geografis dan kondisi sosial demografi. Itu pertimbangannya," ujar dia.

Karena itu, perlu digelar pelaksanaan apel pengecekan guna mengetahui kesiapan personel dalam mengidentifikasi kerawanan dan gangguan kamtibmas yang akan terjadi di lokasi pengamanan TPS-nya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Wujudkan Kondisi yang Lebih Kondusif

 

"Kemudian diharapkan mampu bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan, dengan seluruh stakeholder agar pelaksanaan pengamanan TPS, pemungutan suara, dan pemilihan itu berlangsung dengan aman," ujar dia

Ade mengatakan, Polda Metro Jaya mengimbau untuk bekerja sama mewujudkan situasi yang lebih kondusif jelang pemungutan suara pada 14 Februari 2024. 

"Saat ini sudah kondusif, sudah sangat baik atas kerja sama dan dukungan dari semua pihak, tolong ini sama-sama kita pertahankan. Bapak Kapolda Metro Jaya menyampaikan, Polda Metro Jaya siap mengamankan rangkaian kegiatan pemilu ini dan mengajak seluruh stakeholder bekerja sama," tandas dia.

  

Infografis Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya