Golkar Soal Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta atau Jabar: Masih Menunggu Survei Terakhir

Apakah Ridwan Kamil bakal dipasangkan dengan Kaesang jika maju di Pilkada Jakarta? Ini jawaban Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

oleh Muhammad AliTim News diperbarui 14 Jun 2024, 13:44 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2024, 13:44 WIB
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil saat wawancara khusus dengan tim Liputan6.com di Jakarta, Kamis (9/11/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah nama muncul dalam bursa calon gubernur Jakarta. Selain Anies Baswedan, juga ada beberapa nama yang digadang-gadang bertarung dalam Pilkada Jakarta 2024 nanti.  

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, sosok Ridwan Kamil akan dijagokan untuk melawan siapa pun yang maju di Pilkada. Termasuk, Anies Baswedan yang telah mendapat sokongan dari PKB di Pilkada Jakarta.

"RK dipersiapkan untuk melawan siapa pun lawannya," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Kendati demikian, hingga saat ini Partai Golkar belum mengambil keputusan apakah Ridwan Kamil akan maju di Pilkada Jakarta dan Jawa Barat.

"Jawa Barat dan DKI masih menunggu terkait dengan survei terakhir," ujar dia.

Saat ditanya, apakah Ridwan Kamil akan dipasangkan dengan Kaesang jika maju di Pilkada Jakarta, Airlangg mengaku masih dipelajari. "itu masih kita pelajari seluruhnya," imbuh Airlangga.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan Koalisi Indonesia Maju (KIM) sepakat mengusung calon yang sama di beberapa daerah yang ikut Pilkada Serentak 2024.

"Kita sudah sampaikan dari awal Koalisi Indonesia Maju khusus untuk Pilkada DKI kita akan sepakat untuk mengusung pasangan calon seragam dan ini kita juga sudah sepakati di Jawa, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur sudah sama-sama itu akan kita lakukan," kata Eddy kepada wartawan, Jumat (14/6/2024).

Di Pilkada  Jakarta, kata Eddy, nama Ridwan Kamil alias Kang Emil sampai saat ini masih kuat meski masih didiskusikan kembali.

"Nah khusus DKJ ini ada wacana kuat untuk mendorong Pak Ridwan Kamil, tetapi tentu itu adalah pembicaraan yang harus disepakati dimunculkan kembali. Karena Pak Ridwan Kamil, kan nanti juga akan mencari siapa yang akan jadi wakilnya," sebutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Belum Bahas Usung Anies

Eddy mengatakan hingga saat ini belum ada pembahasan di internal Koalisi Indonesia Maju (KIM) apakah akan mengusung Anies Baswedan atau tidak. Mengingat, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep yang juga tergabung dengan KIM ingin maju bersama Anies di Jakarta.

"Tetapi kalau kita bicara hari ini kita belum ada pembahasan di internal KIM ini untuk mengusung Mas Anies, tapi sekarang belum ada. namanya politik segala sesuatu dapat berubah," tegasnya.

"Tapi sejauh ini nama yang digadang-gadang adalah Pak Ridwan kamil dan dari PAN dari awal sudah mengatakan kita akan menyodorkan kader terbaik kita untuk DKJ Mbak Zita Anjani dalam hal ini kalau memang ada usulan-usulan yang lain tentu mungkin partai-partai KIM akan mengusulkan yang lain juga tentu kita akan membahas bersama-sama, tetapi posisi PAN sampai hari ini begitu," sambungnya.

Infografis Dicabutnya Dukungan Golkar untuk Ridwan Kamil
Golkar mencabut dukungannya untuk Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya