3 Respons Anies Baswedan Usai Diusung PKS Maju Jadi Bakal Cagub di Pilkada Jakarta 2024

Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan akhirnya buka suara usai resmi diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) maju sebagai bakal calon gubernur (bacagub) untuk Pilkada Jakarta 2024.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 26 Jun 2024, 12:13 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2024, 12:12 WIB
Anies Baswedan Liburan di Spanyol
Anies Baswedan liburan di Spanyol saat PKS resmi mengusung dirinya maju sebagai Cagub Jakarta 2024. Anies tampak memarkan pose dirinya saat berada di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid melalui media sosialnya. (Foto: Akun X @aniesbaswedan)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan akhirnya buka suara usai resmi diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) maju sebagai bakal calon gubernur (bacagub) untuk Pilkada Jakarta 2024.

Anies Baswedan yang saat ini tengah berada di luar negeri itu menyambut positif dan menyampaikan rasa terima kasihnya lewat unggahan di laman Instagram pribadinya @aniesbaswedan, Rabu (26/6/2024).

"Saya saat ini sedang dalam perjalanan karena itu izinkan menyampaikan rekaman ini untuk menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas sikap PKS hari ini yang tadi disampaikan oleh Bapak Presiden PKS," kata Anies, Rabu (26/6/2024).

Dia pun akan berkomunikasi dengan pimpinan PKS untuk membahas langkah-langkah lebih jauh untuk tindak lanjut di pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta sekembalinya ia ke Tanah Air.

"Begitu juga dengan pimpinan-pimpinan partai yang lain. Kita sudah berjuang bersama-sama di Jakarta maupun di tingkat nasional bersama PKS Insyaallah kita berjuang bersama-sama ke depan," ucap Anies.

Kemudian, Anies pun bertekad mengembalikan DKI Jakarta menjadi kota maju usai resmi diumumkan sebagai bakal cagub Pilkada Jakarta 2024 oleh PKS.

Menurut dia, selain dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PKS, akan ada partai politik (parpol) lainnya yang bakal ikut mendukung tekadnya itu.

"Alhamdulillah sesudah PKB dan PKS Insyaallah akan ada partai-partai lain yang mau berjuang bersama untuk mengembalikan Jakarta menjadi kota yang maju kotanya, bahagia warganya," kata Anies.

Berikut sederet respons Anies Baswedan usai resmi diusung PKS maju menjadi bakal cagub di Pilkada Jakarta 2024 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sampaikan Terima Kasih

Mantan calon presiden Anies Baswedan menyinggung soal konsistensi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam mengambil arah dan sikap di pemerintahan.
Mantan calon presiden Anies Baswedan menyinggung soal konsistensi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam mengambil arah dan sikap di pemerintahan. (Delvira Hutabarat).

Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan menyambut positif sikap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang resmi mengusungnya maju sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) untuk Pilkada Jakarta 2024.

Anies yang tengah berada di luar negeri itu menyampaikan rasa terima kasihnya lewat unggahan di laman Instagram pribadinya @aniesbaswedan, Rabu (26/6/2024).

"Saya saat ini sedang dalam perjalanan karena itu izinkan menyampaikan rekaman ini untuk menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas sikap PKS hari ini yang tadi disampaikan oleh Bapak Presiden PKS," kata Anies.

 


2. Sebut Akan Temui PKS Usai Pulang dari Luar Negeri

Mantan Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 yang juga merupakan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak menjawab lugas saat ditanyai rencana berkunjung ke Kantor PDIP.
Mantan Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 yang juga merupakan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak menjawab lugas saat ditanyai rencana berkunjung ke Kantor PDI Perjuangan (PDIP). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Anies menyatakan, akan berkomunikasi dengan pimpinan PKS untuk membahas langkah-langkah lebih jauh untuk tindak lanjut di pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta sekembalinya ia ke Tanah Air.

"Begitu juga dengan pimpinan-pimpinan partai yang lain. Kita sudah berjuang bersama-sama di Jakarta maupun di tingkat nasional bersama PKS Insyaallah kita berjuang bersama-sama ke depan," ucap Anies.

 


3. Ingin Kembalikan Jakarta Jadi Kota Maju, Yakin Akan Ada Partai-Partai Lain

PKS resmi usung Anies Baswedan pada Pilpres 2024
Bakal calon presiden 2024-2029 yang diusung PKS, Anies Rasyid Baswedan (kedua kanan) berpose bersama Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kedua kiri), Wakil Ketua Majelis Syura Mohammad Sohibul Iman dan Bendahara Umum Mahfudz Abdurrahman (kiri) saat pembacaan hasil keputusan Musyawarah Majelis Syuro VIII PKS di Jakarta, Kamis (23/2/2023). PKS secara resmi mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden tahun 2024-2029. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Anies Baswedan pun bertekad mengembalikan Jakarta menjadi kota maju usai resmi diumumkan PKS sebagai bakal cagub untuk Pilkada Jakarta 2024.

Menurut Anies, selain dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PKS, akan ada partai politik (parpol) lainnya yang bakal ikut mendukung tekadnya itu.

"Alhamdulillah sesudah PKB dan PKS Insyaallah akan ada partai-partai lain yang mau berjuang bersama untuk mengembalikan Jakarta menjadi kota yang maju kotanya, bahagia warganya," kata Anies.

Infografis Menakar Peluang Duet Anies dan Kaesang di Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menakar Peluang Duet Anies dan Kaesang di Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya