Hasil Copa America 2024: Gol Lautaro Martinez Pastikan Argentina Lolos ke Perempat Final

Lautaro Martinez tampil jadi pahlawan kemenangan Argentina saat mengalahkan Chile dalam pertandingan lanjutan Grup A, di New Jersey, Amerika Serikat.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 26 Jun 2024, 10:17 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2024, 10:17 WIB
Hasil Copa America 2024 Argentina VS Kanada
Gol Argentina dalam pertandingan ini dicetak Julian Alvarez dan Lautaro Martinez di babak kedua. (AP Photo/Mike Stewart)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Argentina memastikan lolos ke ke babak knockout atau perempat final Copa America 2024 usai mengalahkan Chile 1-0 dalam lanjutan Grup A, Rabu (26/6/2024) di New Jersey, Amerika Serikat. Lautaro Martinez tampil jadi pahlawan tim setelah mencetak satu-satunya gol pada pertandingan tersebut.

Sejak awal pertandingan Argentina langsung menekan pertahanan Chile dengan umpan-umpan pendek. Dimotori bintang mereka Lionel Messi, serangan-serangan mereka sudah mengancam gawang lawannya.

Usaha Argentina membuka keunggulan nyaris tercipta pada menit 21. Lewat kerjasama apik Julian Alvarez yang menerima umpan matang langsung meneruskannya dengan tendangan keras, tapi bola masih bisa diamankan kiper Chile.

Peluang terbaik didapat Messi saat pertandingan memasuki menit 36. Menggiring bola di tengah, Messi kemudian melepaskan tendangan jarak jauh, namun bola sepakannya masih membentur mistar gawang.

Chille yang sempat kesulitan mengembangkan permainan akhirnya mampu melepaska diri pada pertengahan babak. Namun, upaya mereka masih dengan mudah dimentahkan bek Argentina.

Dominasi Argentina berlanjut hingga 10 menit akhir babak pertama. Sulitnya menembus pertahanan Chile, membuat pemain Argentina mulai kehilangan kesabaran dan sering melepaskan tendangan jarak jauh. Hingga akhir laga di paruh waktu, belum ada gol tercipta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lautaro Martinez Jadi Penentu Kemenangan Argentina

Copa America 2024
Cristian Romero dari Argentina berebut bola dengan Alexis Sanchez dari Chili selama pertandingan CONMEBOL Copa America 2024 antara Chili dan Argentina di Stadion MetLife pada 25 Juni 2024 di East Rutherford, New Jersey. Rob Carr/Getty Images/AFP

Babak kedua situasi belum berubah, Argentina lebih banyak menguasai permainan. Bahkan, pada menit 48 Nahuel Molina hampir mencetak gol, tapi bola masih bisa ditahan kiper Claudio Bravo.

Namun, Chile di babak ini tak hanya menunggu bertahan untuk melakukan serangan balik. Skuad asuhan Ricardo Gareca mulai bermain terbuka dan banyak menyerang.

Alexis Mac Allister gagal memanfaatkan peluang terbaik mencetak gol untuk Argentina. Namun, Allister gagal mengejar bola umpan Messi yang diarahkan ke depan gawang Chile.

Chile hampir membuka keunggulan pada menit 72. Bola liar yang disapu pemain belakang Argentina diteruskan Rodrigo Echeverria dengan tendangan keras dan terarah, beruntung Emiliano Martinez masih bisa mengamankannya.

Argentina akhirnya berhasil mencetak gol pada menit 88 lewat Lautaro Martinez memanfaatkan bola liar dari kemelut di depan gawang. Sempat dicek lewat VAR, wasit tetap mensahkan gol tersebut.

Ketinggalan satu gol, Chile mencoba meningkatkan serangan. Namun, alih-alih membalas ketinggalan, gawang mereka hampir kebobolan lagi di menit akhir jika saja sontekan Martinez tidak bisa ditepis Claudio Bravo. Hingga akhir laga skor 1-0 untuk Argentina tetap bertahan.


Susunan Pemain

Copa America 2024
Lionel Messi berebut bola dengan gelandang Chile Rodrigo Echeverria pada pertandingan sepak bola grup A turnamen Conmebol 2024 Copa America antara Chile dan Argentina di Stadion MetLife di East Rutherford, New Jersey pada 25 Juni 2024.EDUARDO MUNOZ / AFP

Chile (4-2-3-1): Claudio Bravo; Mauricio Isla, Igor Lichnovsky, Paulo Diaz, Gabriel Suazo; Erick Pulgar, Rodrigo Echeverria; Victor Davila, Alexis Sanchez, Dario Osorio; Eduardo Vargas.

Pelatih: Ricardo Gareca

Argentina (4-4-2): Emiliano Martinez; Nicolas Tagliafico, Lisandro Martinez, Cristian Romero, Nahuel Molina; Alexis Mac Allister, Enzo Fernandez, Rodrigo De Paul; Julian Alvarez, Lionel Messi, Nicolas Gonzalez.

Pelatih: Lionel Scaloni

Infografis Jadwal Copa America 2024 Babak Penyisihan Grup A, B, C, D
Infografis Jadwal Copa America 2024 Babak Penyisihan Grup A, B, C, D (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya