Bertemu Presiden PKS, Ilham Habibie Siap Jadikan Jabar Ujung Tombak Indonesia Emas 2045

Ilham meyakini, kunci menuju Indonesia emas adalah mendorong kemajuan wilayah, dan satu wilayah yang dapat mendorong kemajuan dengan pesat adalah Jawa Barat karena luas wilayah dan jumlah penduduknya.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 18 Jul 2024, 13:20 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 13:20 WIB
Bakal calon gubernur Jawa Barat yang diusung Partai NasDem, Ilham Habibie menyambangi Kantor DPP PKS Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2024).
Bakal calon gubernur Jawa Barat yang diusung Partai NasDem, Ilham Habibie menyambangi Kantor DPP PKS Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2024). (Liputan6.com/Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta - Ilham Habibie diusung Partai NasDem sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat di Pilkada 2024. Menurut Ilham, Jawa Barat adalah provinsi yang sangat mendesak untuk ditangani. Khususnya untuk mendukung cita-cita Indonesia emas 2045.

“Jawa Barat memang satu provinsi yang sangat-sangat urgen di Indonesia, itu karena kalau kita lihat masa depan kita yaitu Indonesia Emas tinggal 21 tahun lagi tapi bagaimana mencapainya? Arti Indonesia Emas adalah Indonesia yang maju dan kemajuan itu bagaimana meningkatkan,” kata Ilham di Markas DPP PKS Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Ilham lalu bercerita, bagaimana Jepang, Korea dan China yang dalam 30 tahun bergerak sangat pesat. Padahal saat tahun 90-an dapat dikatakan posisi Indonesia tidak jauh beda dengan mereka.

“Tapi sekarang mereka sudah lebih dari kita kok bisa? bagaimana caranya?,” beber Ilham.

Ilham meyakini, kuncinya adalah mendorong kemajuan wilayah dan satu wilayah yang dapat mendorong kemajuan dengan pesat adalah Jawa Barat karena luas wilayah dan jumlah penduduknya.

“Bagaimana caranya? apakah hanya cukup mendidik secara akademis itu langsung kita maju? tidak langsung tidak juga. Caranya mereka harus kerja dan diberi kesempatan untuk menciptakan nilai tambah ekonomis,” jelas dia.

Berkaca dari Korea, Jepang dan China, ketiga negara itu menjadikan model negara industri, namun Indonesia jika ingin lebih dari mereka maka patut melakukan transformasi di sisi sumber daya manusianya.

“Jawa Barat ini Insya Allah mudah-mudahan akan menjadi ujung tombak daripada Indonesia Emas, ujung tombak, jembatan, motor membuka lapangan pekerjaan, pendidikan, UMKM, Insya Allah kita akan lihat,” Ilham menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sambangi Markas PKS

Bakal calon gubernur Jawa Barat yang diusung Partai NasDem, Ilham Habibie menyambangi Kantor DPP PKS Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2024).
Bakal calon gubernur Jawa Barat yang diusung Partai NasDem, Ilham Habibie menyambangi Kantor DPP PKS Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2024). (Foto: Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro).

Diketahui, Bakal calon gubernur Jawa Barat yang diusung Partai NasDem, Ilham Habibie menyambangi Kantor DPP PKS Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2024). Kedatangannya disebut untuk bersilaturahmi.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, Ilham tiba sekira pukul 08.18 WIB. Kedatangan Ilham disambut Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim yang sudah lebih awal tiba.

“Kita sambut dulu nih calon pemimpin kita,” kata Taslim saat menjemput Ilham di gerbang kantor PKS.

Keduanya langasung diarahkan masuk ke dalam ruang tunggu. Namun demikian, belum tampak presiden atau sekjen PKS yang terlihat hadir.

Mereka masih didampingi PLT Ketua DPW PKS Jawa Barat, H. Iwan Suryawan.


Diusung NasDem

Diberitakan sebelumnya, Partai Nasional Demokrat (NasDem) Provinsi Jawa Barat secara resmi telang mengusung Ilham Habibie sebagai calon gubernur pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2024. Putra Presiden RI ke-3 itu diusung setelah mendapatkan rekomendasi langsung dari Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPW Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa, akhir pekan lalu, Sabtu, 8 Juni 2024. Saan menilai, Ilham Habibie adalah tokoh yang cocok untuk memimpin Jawa Barat.

Ilham Habibie yang bernama lengkap Ilham Akbar Habibie merupakan pakar penerbangan dan pengusaha berdarah Gorontalo yang lahir di Aachen, Jerman Barat pada 16 Mei 1963.

Ilham merupakan putra pertama pasangan Hasri Ainun Habibie dan Presiden BJ Habibie, presiden ketiga RI. Ilham menghabiskan masa sekolahnya dari dasar hingga perguruan tinggi di Jerman.

Ilham memulai sekolah di Elementary School Windmuehlenweg, High School Hochrad, Technical University of Munich, Jerman. Di Universitas Munich ini, Ilham menuntaskannya dari gelar insinyur hingga doktor dalam teknik penerbangan dengan hasil summa cum laude.

Setelah lulus kuliah, Ilham bekerja di perusahaan pesawat Boeing. Namun, karena Indonesia waktu itu sudah merancang pesawat terbang yang digagas ayahnya, ia pun diminta membantu program ini.

Infografis Bursa Bakal Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur di Pilgub Sumut 2024
Infografis Bursa Bakal Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur di Pilgub Sumut 2024 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya