Mimpi Jusuf Hamka, Jadikan Jakarta Kota Idaman dan Kota Masa Depan Jika Maju Pilkada Serentak 2024

Bos jalan tol Jusuf Hamka diberikan kepercayaan oleh Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk menjadi bakal calon gubernur atau wakil gubernur Jakarta pada Pilkada Serentak 2024 ini.

oleh Devira PrastiwiAdy Anugrahadi diperbarui 25 Jul 2024, 10:25 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 10:25 WIB
Pengusaha muslim keturunan Tionghoa Jusuf Hamka
Pengusaha muslim keturunan Tionghoa Jusuf Hamka. (Liputan6.com/ Jusuf Hamka)

Liputan6.com, Jakarta - Innalillaahi wa innaa ilaihi raaji'un adalah kata yang pertama kali diucapkan oleh bos jalan tol Jusuf Hamka ketika menerima surat instruksi dari Partai Golkar.

Pada Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Serentak 2024, pria yang akrab disapa Babah Alun ini diberikan kepercayaan oleh Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk menjadi bakal calon gubernur atau wakil gubernur Jakarta.

Penunjukkan Babah Alun mengalir begitu saja. Berawal dari ajakan makan siang bersama Airlangga Hartarto. Tak sekedar makan siang, rupanya Airlangga banyak melontarkan banyak pertanyaan yang berkaitan dengan Jakarta.

"Menurut kamu bagaimana jalan di Jakarta," ujar Airlangga Hartarto.

Babah Alun dengan lugas menjawab bahwasanya perbaikan infrastruktur menjadi hal utama mengatasi kemacetan Jakarta. Solusinya, menambah jaringan jalan. Menurut dia, volume kendaraan dengan infrasturktur jalan harus berimbang.

"Gimana caranya," tanya Airlangga Hartarto.

Babah Alun punya usul penambahan ruas jalan baru terutama di kawasan-kawasan yang banyak kegiatan ekonomi. Misalnya, Blok M hingga Glodok.

"Harus ada jaringan jalan baru," kata Babah Alun.

Di samping itu, menerapkan sistem pajak kendaraan yang berpihak kepada masyarakat kelas menengah dan kalangan bawah.

"Pajak-pajak mobil orang kaya kita tingkatkan, yang di bawah berapa cubicle centimeter (Cc) harus kita subsidi," ujar Babah Alun.

Babah Alun dikenal sebagai juragan nasi kuning. Kala itu, Airlangga berpesan, jangkauan warung nasi kuning diperluas ke seluruh wilayah Jakarta.

"Tolong perbanyak nasi kuning bantu rakyat supaya rakyat bisa ringan dan tidak kelaparan. Program kamu apa?," kata Airlangga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sudah Pikirkan Bangun Nasi Kuning Babah Alun di Setiap Kelurahan

babah alun
Pengusaha Jusuf Hamka. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Mendengar hal itu, Babah Alun mengaku sudah memikirkan membangun nasi kuning Babah Alun di tiap-tiap kelurahan. Konsep warung nasi kuning sama seperti yang sudah berjalan.

Nasi kuning ala Babah Alun memang tak sekedar murah tapi juga sehat dan bergizi. Pembeli cukup bayar Rp3.000 bisa menikmati nasi dengan aneka lauk-pauk yang sangat menggugah selera. Lauk-pauk pun dibeli dari UMKM setempat. Sehingga UMKM makmur dan warga bisa makan dengan harga murah dan sehat.

"Kalau APBD enggak ada dana-nya don't worry, saya bisa ngecrek kepada temen-temen pengusaha. Dan saya minta dana CSR dari perusahaan. Saya ngecrek gak malu kok saya bilang bos bantu buat warga rakyat pasti banyak pengusaha-pengusaha yang mau bantu," ucap Babah Alun.

Babah Alun membeberkan, ia juga punya strategi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Jakarta. Dia bakal mendorong warga menjadi pengusaha. Mengingat sumber daya alam yang berlimpah dan harus dikelolah sendiri.

"Misal di Jakarta ada tambang pasir. Ayo kita galakan koperasi, besarkan mereka sama-sama. Makanya saya bilang kita harus perbanyak sekolah dan rumah sakit. Kenapa? Kalau sekolah supaya warga pinter, rumah sakit supaya warganya sehat. Kalau pinter dan cerdas bisa jadi pengusaha yang andal," terang dia.

 


Tak Hanya Konsen Atasi Kemacetan dan Kesejahteraan Rakyat

babah alun
Pengusaha Jusuf Hamka. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selain konsen atasi kemacetan dan kesejahteraan rakyat, Babah Alun juga memberi perhatian masalah lingkungan. Dia menyoroti polusi udara Jakarta.

"Kita selalu bicara stunting, kita lupa anak kita sering batuk pilek, karena apa? ISPA. Gimana siasatinya yaitu green vehicle. Kita mulai pakai mobil listrik. Pabrik-pabrik kita atur tidak boleh lagi di daerah pemukiman. Karena polusi menyangkut kesehatan masyarakat," ucap dia.

Intinya, ia memproyeksikan Jakarta menjadi kota idaman dan kota masa depan.

"Tidak macet lagi, tidak banjir lagi dan masyarakat warganya sejahtera," kata Babah Alun.

Singkatnya, Babah Alun diundang hadir saat pertemuan Partai Golkar dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di DPP Golkar Slipi Jakarta Barat pada Kamis, 11 Juli 2024.

Rupanya, Airlangga Hartarto menyodorkan nama Baba Alun, untuk mendampingi Kaesang Pangarep jika maju di Pilkada Jakarta.

Babah Alun merasa ini the power shodaqoh. Menurut dia, Partai Golkar adalah partai masa depan yang berani meletakan satu dasar baik tanpa mahar dan tanpa membedakan etnik.

"Saya merasa ini berkat the power of shodaqoh. Kita gak minta, gak nunggu dikasih," ujar Babah Alun.

 


Tak Keberatan Dipasangkan dengan Tokoh Siapa Saja

Bos jalan tol Jusuf Hamka di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (13/12/2023).Jusuf Hamka kembali negosiasi nilai utang negara kepada perusahaannya, Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP). (Arief/Liputan6.com)
Bos jalan tol Jusuf Hamka di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (13/12/2023).Jusuf Hamka kembali negosiasi nilai utang negara kepada perusahaannya, Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP). (Arief/Liputan6.com)

Babah Alun mengaku tidak keberatan dipasangkan dengan tokoh siapa pun, termasuk putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep. Ibarat kunci inggris, kata dia, bisa pas dengan siapa saja.

"Baut yang mana saja masuk, bisa dipasangkan Mas Anies, Pak Ahok bisa, tidak ada masalah. Untuk jadi wakil-wakil Mas Anies dan Pak Ahok," ujar Babah Alun.

Sementara itu, jika diberi mandat menjadi calon gubernur. Dia menyebut beberapa nama yaitu Budi Djiwandono, Budiman Sudjatmiko, Maruarar Sirait, Ahmad Syahroni atau kalau dari kalangan agamis itu ada Waketum PBNU, KH Sayyid Muhammad Hilal Al Aidid dan Ustaz Das'ad Latif.

Babah Alun menggarisbawahi siapa pun itu, syarat utama wajib mengabdikan diri kepada rakyat Jakarta.

"Saya bilang ayo siapa yang mau ikut, siapa yang berani ikut bersama. Kita gak cawe-cawe kita pengabdian. Kita buat legacy tidak cari kekayaan di sini. Kalau cari kekayaan jangan kasian. Rakyat sudah banyak penderitaan. APBD ini cukup besar harus segera dikembalikan untuk kemaslahatan masyarakat," terang dia.

Babah Alun bersama pasangannya nanti berkomitmen tidak menggunakan politik uang untuk memuluskan jalan menjadi kepala daerah di Jakarta.

"Saya akan bilang kepada rakyat bahwa saya tidak akan menyuap kalian dengan iming-iming supaya kalian memilih saya. Tapi saya akan jamin kesejahteraan kalian sebagaimana selama ini walaupun dengan skup kecil," tutup Babah Alun.

Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya