Ridwan Kamil Tak Masalah Anies Diusung Maju Pilkada Jakarta 2024: Makin Banyak Calon Semakin Bagus

Bakal Calon Gubernur (Bakal Cagub) Ridwan Kamil (RK) tak masalah harus berhadapan dengan Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan, jika ikut maju dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

oleh Devira PrastiwiTim News diperbarui 25 Agu 2024, 15:10 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2024, 15:10 WIB
deklarasi Ridwan Kamil dan Suswono
Selain itu, ada juga Partai Garuda dan Partai Gelora. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Gubernur (Bakal Cagub) Ridwan Kamil (RK) tak masalah harus berhadapan dengan Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan, jika ikut maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024.

Menurut dia, semakin banyak kandidat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024, justru bagus bagi warga Jakarta.

Dengan begitu, kata RK, sapaan akrabnya, warga Jakarta memiliki banyak pilihan.

"Semakin banyak, semakin bagus untuk warga Jakarta. Kalau bisa lima sekalian, kalau bisa lebih banyak," kata Ridwan Kamil alias RK di Kantor DPP PSI, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (25/8/2024).

RK menilai, banyaknya kandidat calon gubernur dan wakil gubernur,  termasuk Anies, bakal melahirkan adu gagasan yang baik di Pilkada Jakarta 2024.

"Karena nanti warga punya banyak pilihan secara rasional, mana solusi-solusi yang dibawa oleh calon paling relevan dengan lima tahun ke depan kan," kata dia.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini lalu mencontohkan slogan yang dia bawa bersama pasangannya Bakal Calon Wakil Gubernur (Bakal Cawagub) Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

Adapun keduanya membawa slogan Jakarta Baru. Slogan ini disebut RK sejalan dengan kondisi Jakarta pasca status ibu kota bakal beralih ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan.

"Contohnya kita kan ada slogan Jakarta baru karena kita ada gagasan pasca Jakarta ditinggal ke IKN kan? Nah jadi banyak hal hal baru yang harus kita sampaikan. Jadi intinya semakin banyak semakin bagus siapa pun itu," tandas Ridwan Kamil (RK).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


RK Ingin Duet Ridwan Kamil-Suswono Disingkat RIDO, Ini Tujuannya

deklarasi Ridwan Kamil dan Suswono
Ridwan Kamil - Suswono melakukan salam komando saat acara deklarasi bakal calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024 di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jakarta, Ridwan Kamil (RK) mengungkapkan, singkatan namanya dengan Suswono yang menjadi Bacawagub Jakarta adalah RIDO. RIDO merupakan akronim dari gabungan nama Ridwan-Suswono.

"RIDO itu singkatan dari Ridwan Suswono. Intinya, kita tidak mau takabur, kita tetap berikhtiar, dan memohon ridho Allah SWT agar dilancarkan, diberi keberkahan, dimenangkan, dan akhirnya memberi kemaslahatan selama 5 tahun," kata RK di Kantor DPD Golkar DKI Jakarta, Sabtu 24 Agustus 2024.

Kemudian, terkait dengan slogan Jakarta Baru, hal itu lantaran Jakarta sebentar lagi sudah tidak menjadi ibu kota negara Indonesia, lantaran pindah di Nusantara, Kalimantan Timur.

"Karena Jakarta tahun ini bukan lagi ibu kota Indonesia. Ibukota Republik Indonesia adalah Nusantara. Di mana saya juga masih bertugas sebagai kurator di IKN. Artinya semua perencanaan saya review, saya evaluasi, agar menjadi kota dunia," ujar RK.

"Jadi per hari ini saya ngurusin kota dari 0. Kira-kira begitu. Nah nanti mengurusi kota yang harus kita sepakati mau ke mana yang namanya Jakarta Baru ini? Kira-kira begitu," sambungnya.

 


Inginkan Jakarta Naik Kelas Jadi Kota Global

Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus resmi mendukun terhadap bakal calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil-Suswono.
Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus resmi mendukun terhadap bakal calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil-Suswono. (Foto: Liputan6.com/Nanda Perdana Putra).

Dengan sudah tidak lagi menjadi ibu kota Indonesia, mantan Gubernur Jawa Barat ini ingin adanya naik level dari kota metropolitan menjadi kota global.

"Menuju Jakarta maju. Karena kita harus naik kelas dari kota metropolitan menjadi kota global. Harus seperti apa kita definisikan. Jadi slogannya adalah Jakarta Baru, Jakarta Maju," ungkapnya.

"Jadi kalau boleh yel-yelnya bukan nama lengkap lagi, saya teriak Rido, Jakarta Baru, Rido sekali lagi Jakarta maju. Jadi itu nanti kalau menyemangati di lapangan kurang lebih itu lah ya," pungkasnya.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya