Gibran Dampingi Ahmad Luthfi dan Gus Yasin Daftar Pilgub Jateng 2024

Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka mendampingi Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin mendaftar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah 2024.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 28 Agu 2024, 14:03 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 14:00 WIB
Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka saat mendampingi Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen mendaftar Pilkada Jateng 2024. (sumber: YouTube Liputa6)
Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka saat mendampingi Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen mendaftar Pilkada Jateng 2024. (sumber: YouTube Liputa6)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka terlihat berada di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) di Jalan Veteran, Kota Semarang.

Ia mendampingi Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin mendaftar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah 2024 pada Rabu (28/8/2024).

Dilansir dari Antara, selain Gibran, ada juga mantan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo di KPU Jateng. Gibran terlihat mengenakan kemeja berwarna biru langit dan celana panjang warna hitam.

Saat tiba di kantor KPU Jateng, Gibran terlihat berdiri di belakang Ahmad Luthfi dan Taj Yasin, sebelum mereka diterima oleh komisioner KPU Jateng.

Pasangan Luthfi-Yasin datang dengan iring-iringan ratusan pendukung dan simpatisan ke kantor KPU Jawa Tengah. Tercatat, ada sembilan partai politik yang mengusung dan mendukung pasangan Luthfi-Taj Yasin dalam Pilkada Jawa Tengah.

Kesembilan partai pengusung tersebut masing-masing Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, PKB, Partai Nasdem, PAN, PPP, Partai Demokrat, PSI, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang, dan Partai Garuda.

Ketua KPU Jawa Tengah, Handi Tri Ujiono mengatakan, terdapat 12 partai pengusul pasangan Luthfi-Taj Yasin. Namun, lanjut dia, hanya sembilan yang tercatat dalam dokumen persetujuan yang diterima KPU. Selanjutnya, kata dia, KPU akan melakukan verifikasi terhadap dokumen pencalonan dan syarat pencalonan.

"Kalau ada yang belum benar, masih ada kesempatan untuk melakukan perbaikan hingga 8 September 2024," ucap Handi.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU juga mengucapkan selamat datang kepada Wapres Terpilih Gibran Rakabuming yang ikut mengantar dalam pendaftaran tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lawan Eks Panglima TNI di Pilkada Jateng, Komjen Luthfi Ingin Hilangkan Aura Persaingan

Bakal calon Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi usai menerima dukungan dari DPP Partai Demokrat. (Liputan6.com/M Radityo Priyasmoro)
Bakal calon Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi usai menerima dukungan dari DPP Partai Demokrat. (Liputan6.com/M Radityo Priyasmoro)

Ahmad Luthfi merespons kabar majunya mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dalam kontestasi pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2024. Luthfi tidak ingin aura persaingan di pesta demokrasi keras dan saling berhadapan. Justru sebaliknya, mantan Kapolda Jawa Tengah ingin menciptakan suasana kesejukan.

"Kita tidak menciptakan kontestasi itu persaingan, tapi kita ciptakan kontestasi yang saling menghormati dan tepo sliro, rukun, sehingga kontestasi di wilayah kita akan menjadi sehat," kata jenderal polisi bintang tiga itu kepada awak media di Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2024).

Luthfi memastikan, dirinya berprinsip untuk berkontestasi dengan cara fair dan jujur. Artinya, kehadiran pesaingnya di Pilgub Jawa Tengah 2024 dilakukan dengan cara merangkul.

"Jadi saya mempunyai prinsip bahwa marilah berkontestasi dengan cara merangkul, bukan dengan cara berhadap-hadapan," ucap Luthfi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya