Ridwan Kamil Bakal Bangun Perumahan di Atas Pasar hingga Stasiun di Jakarta

Menurut RK, membangun perumahan di tengah kota akan menjadi salah satu cara efektif mengurangi polusi udara imbas lalu lalang pekerja yang masuk Jakarta.

oleh Winda Nelfira diperbarui 02 Sep 2024, 16:16 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 16:16 WIB
Ridwan Kamil-Suswono Resmi Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024
Pasangan Ridwan Kamil-Suswono mendapat dukungan penuh dari partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon gubernur Jakarta 2024 Ridwan Kamil (RK), mengatakan diberi arahan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk membangun perumahan di tengah kota Jakarta, jika nanti terpilih sebagai gubernur di Pilkada Jakarta.

"Nah jadi salah satu gagasan dan arahan Pak Prabowo salah taunya adalah Jakarta tolong membuat perumahan di tengah kota," kata RK di TKN Fanta, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2024).

Menurut RK, membangun perumahan di tengah kota akan menjadi salah satu cara efektif mengurangi polusi udara imbas lalu lalang pekerja yang masuk Jakarta.

"Menurut saya ya, salah satu problem di Jakarta adalah jarak rumah ke tempat kerja terlalu jauh, karena terlalu jauh membuat orang akhirnya stres, membuat penghasilan warga Jakarta 30 persen habis di transportasi, membuat polusi menjadi kota ketiga terburuk di dunia," jelas RK.

RK bilang, bakal membangun perumahan di atas pasar-pasar hingga stasiun yang ada di Jakarta akibat keterbatasan lahan di Jakarta saat ini. Seperti di atas Pasar Tanah Abang hingga Stasiun Manggarai.

"Tapi tanahnya abis, maka nanti coba upayakan membangun diatas pasar pasar Jakarta, diatas Stasiun Manggarai, Dukuh Atas, di atas Tanah Abang, Juanda, dan lain-lain," ungkap dia.

Selain itu, kata RK lahan pemerintah di Jakarta yang ditinggal usai ibu kota negara pindah ke IKN, Kalimantan juga akan dimanfaatkan menjadi perumahan bagi warga. Menurutnya, hal ini adalah bentuk kecintaan Prabowo kepada rakyat.

"Lahan-lahan pemerintahan yang ditinggal ke IKN, Prabowo menyampaikan untuk perumahan rakyat. Secinta itu Prabowo kepada (rakyat), yang nomer 1," kata RK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ridwan Kamil Akan Tanam Pohon 3 Kali Lipat di Jakarta

Calon gubernur (cagub) Jakarta 2024, Ridwan Kamil (RK) bakal menanam pohon tiga kali lipat lebih banyak di sejumlah wilayah gersang di Jakarta.

"Kita setahun pertama kalau terpilih mungkin dibantu tim Fanta (poros pemilih muda) juga, kita 3 kali lipatkan jumlah pohon di Jakarta," kata RK di TKN Fanta, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2024).

Menurut RK, wilayah Jakarta yang rindang hanya di berada di kawasan Jakarta Selatan. Beberapa wilayah lain, semisal Jakarta Utara hingga Jakarta Barat disebut tak banyak ditanam pohon.

"Saya melihat yang rindang di Jakarta itu kebanyakan hanya di Jakarta Selatan di Utara, Barat agak gersang," ujar RK.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu berharap Jakarta bakal makin rindang secara merata sama seperti Jakarta Selatan.

RK juga akan memilih jenis pohon yang akan dia tanam. Dia menyebut, akan memilih jenis pohon yang mampu menyerap polusi udara.

"Dipilih pohonnya yang menyerap polusi kan ada speknya gitu ya jenis-jenis pohon," ucap RK.

Infografis Golkar Buka Peluang Usung Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Golkar Buka Peluang Usung Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya