Dari Buruh hingga Pengusaha Dukung Amsakar-Li Claudia di Pilkada Batam

Sedangkan dalam elektabilitas ASLI dalam survei Poltracking Indonesia pada 4-10 September 2024 unggul dengan elektabilitas 64,8%, meninggalkan pesaing Nuryanto-Hardi Selamat Hood (21,1%).

oleh Tim News diperbarui 17 Sep 2024, 05:49 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2024, 00:44 WIB
Pilkada Batam
Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad dan Li Claudia Chandra (ASLI). (Ist).

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad dan Li Claudia Chandra (ASLI) berhasil meraih dukungan luas dari berbagai kalangan masyarakat, termasuk dari kalangan buruh hingga pengusaha. Pasangan ASLI mendominasi elektabilitas di semua kelompok profesi.

Dalam peta kekuatan elektabilitas, pasangan Calon Walikota - Wakil Walikota Batam berdasarkan pekerjaan. Pemilih pengajar, pedagang kecil, PNS, karyawan swasta, karyawan BUMN, pejabat, pengusaha, dan professional, ibu rumah tangga, buruh, nelayan, petani, sopir, kernet, kurir, sedang mencari pekerjaan/menganggur, pelajar/mahasiswa hingga pensiunan/purnawirawan cenderung memilih Amsakar Achmad - Li Claudia Chandra.

“Pengajar, Pedagang kecil, PNS, Karyawan swasta, Karyawan BUMN, Pejabat, Pengusaha, Profesional yang memilih ASLI mencapai 65.4%. Sementara Buruh, Nelayan, Petani, Sopir, Kernet, Kurir, Sedang mencari pekerjaan/menganggur mencapai 66.1%,” kata Peneliti Poltracking Masduri Amrawi dalam keterangan tertulis, Senin (16/9/2024).

Sedangkan dalam elektabilitas ASLI dalam survei Poltracking Indonesia pada 4-10 September 2024 unggul dengan elektabilitas 64,8%, meninggalkan pesaing Nuryanto-Hardi Selamat Hood (21,1%).

Survei yang melibatkan 400 responden dari 12 kecamatan di Kota Batam ini menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error +/-4,9% dan tingkat kepercayaan 95%. Survei ini memberikan gambaran kekuatan elektoral yang solid untuk pasangan ASLI. Salah satu temuan menarik dari survei ini adalah dukungan yang meluas dari berbagai sektor masyarakat, temeajsk dari kalangan buruh, pekerja informal hingga pengusaha.

Dukungan dari kalangan buruh, pekerja informal dan pengusaha tak lepas dari berbagai masalah utama yang dihadapi masyarakat Batam. Seperti mahalnya harga kebutuhan pokok, sempitnya lapangan pekerjaan, mahalnya biaya pendidikan dan pengobatan hingga sarana dan infrastruktur yang dinilai kurang. Amsakar Achmad yang memiliki pengalaman sebagai Wakil Walikota Batam dianggap memahami permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Salah satu faktor yang menarik dalam survei yang dirilis Poltracking Indonesia adalah soal kemantapan pilihan pemilih Batam. Sebanyak 75,5% responden mengatakan tidak akan mengubah pilihan mereka hingga hari pemungutan suara pasangan 27 November 2024 nanti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pilkada Batam Masih Sangat Dinamis

Dengan dukungan luas dari berbagai sektor, pasangan Amsakar Achmad-Li Claudia Chandra semakin memperkuat posisinya dalam palagan Pilkada Batam 2024. Kendari demikian, Masduri Amrawi mengatakan bahwa Pilkada Batam 2024 masih sangat dinamis hingga menjelang hari pencoblosan pada pada 27 November 2024 nanti

"Temuan ini merupakan potret terbaru dari survei yang dilakukan pada awal September 2024. Berbagai kemungkinan masih berpotensi terjadi, tergantung isu dan konstelasi politik jelang hari pemilihan," pungkasnya.

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya