Survei LSI: Elektabilitas Pram-Doel Menang Hampir di Seluruh Wilayah

Secara elektabilitas, Pram-Doel mendapatkan elektabilitas sebesar 41.6% menyalip RK-Siswono dengan 37.4% dan meninggalkan Dharma - Kun 6.6%.

oleh Tim News diperbarui 23 Okt 2024, 14:48 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 14:37 WIB
Pembangunan Museum Rasulullah
Pramono Anung dan Rano Karno menghadiri Deklarasi Pilkada Damai MUI (@ 2024 merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur di Jakarta. Hasilnya, setelah beberapa bulan tertinggal, kini pasangan nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel) unggul dengan 41.6%

LSI melakukan survei menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error)±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, dengan asumsi simple random sampling. Sampel berasal dari seluruh Kota Administratif di Provinsi Daerah Khusus Jakarta yang terdistribusi secara proporsional.

Sampel sebanyak 1.200 orang. Teknik pengambilan jawaban dengan melakukan wawancara tatap muka. Survei dilakukan pada 10-17 Oktober 2024.

“Secara elektabilitas, Pram-Doel mendapatkan elektabilitas sebesar 41.6% menyalip RK-Siswono  (RIDO) dengan 37.4% dan meninggalkan Dharma - Kun 6.6%,” ujar Djayadi Hanan dalam keterangan resmi 23/10

Selain itu dari data yang ditampilkan oleh LSI menunjukan bahwa Pram-Doel berhasil menguasai hampir seluruh daerah di DKI Jakarta

“Pasangan nomor urut 3 Pram-Doel hanya kalah di Jakarta Selatan. Untuk daerah lain seperti Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara Pram-Doel berhasil unggul” ungkapnya.

Elektabilitas

Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur di Jakarta (Istimewa)
Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur di Jakarta (Istimewa)

Pram Doel memiliki peningkatan elektabilitas yang cukup signifikan dalam 1 bulan terakhir.

Dari Survei LSI pada tanggal 6-12 September, mereka meraih elektabilitas sebesar 28.4% dan di survei kali ini meraih 41.6% atau mendapatkan peningkatan sebesar 13.2%

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya