Suswono: Jakarta Butuh Hiburan, RIDO Bakal Lestarikan Budaya Betawi

Suswono merencanakan pemberian dana abadi kebudayaan sebagai salah satu bentuk melestarikan budaya Betawi di Jakarta. Mengingat sanggar-sanggar Betawi saat ini semakin berkurang dan langka.

oleh Arviola Marchsyalina Syurgandari diperbarui 23 Okt 2024, 17:51 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 17:50 WIB
Calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta nomor urut 1 Suswono.
Calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta nomor urut 1 Suswono. (Liputan6.com/ Arviola)

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta nomor urut 1 Suswono mengatakan akan mengedepankan gerakan membangun budaya Betawi. Hal ini dikarenakan Jakarta memiliki nilai akar budaya dan identitas Betawi. Maka dari itu, pasangan Ridwan Kamil-Suswono akan melestarikan dan menjaga kebudayaan Betawi.

"Tentang situs-situs Betawi, itu juga akan kita jaga," ucap Suswono pada Sosialisasi Visi-Misi Cagub-Cawagub DKJ 2024 di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Selain itu, Suswono juga merencanakan pemberian dana abadi kebudayaan sebagai salah satu bentuk melestarikan budaya Betawi di Jakarta. Mengingat sanggar-sanggar Betawi saat ini semakin berkurang dan langka.

"Sanggar-sanggar Betawi ini sudah makin kurang, sudah langka. Padahal itu sangat menghibur untuk masyarakat," kata dia.

"Karena memang Jakarta perlu hiburan," lanjut dia.

Selanjutnya, pelestarian budaya tersebut akan dilakukan dengan mendorong dan mengembangkan salah satu tempat rekreasi yaitu Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Suswono juga menyatakan, Jakarta merupakan kota peringkat ke-3 dengan tingkat polusi yang tinggi di dunia. Karena itu dia akan membenahi persoalan tersebut dengan menanam 3 juta pohon di Jakarta.

"3 juta pohon ini tentu saja akan ditanam dengan di ruang-ruang yang sempit," ujar dia.

Suswono berjanji akan memperbanyak Ruang Terbuka Hijau (RTH). Disampaikan juga persoalan kepadatan penduduk di Jakarta yang kian meningkat, Suswono akan membuat pasar hunian vertikal.

Dia meyakini dengan pasar hunian vertikal akan mengurangi pergerakan warga setempat. Hal ini berguna untuk mengurangi konflik sosial dan ketidakadilan bagi warga menengah ke bawah.

Dia pun menambahkan, warga Jakarta akan lebih bahagia jika dipimpin oleh Ridwan Kamil-Suswono (RIDO).

"Intinya lima tahun setelah RIDO memimpin insyaallah rakyat Jakarta lebih bahagia," tandas Suswono.

Suswono Turun ke Warteg dan Bagikan Makan Siang di Jakarta Timur

suswono
Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jakarta nomor urut 1, Suswono. (Liputan6.com/Winda Nelfira).

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Suswono menunjukkan komitmennya untuk memahami isu kesejahteraan masyarakat secara langsung dengan mengunjungi Warteg Bunda Lia di Jatinegara, Jakarta Timur.

Selain mengunjungi warga, pada kesempatan itu Suswono juga turun langsung membagikan makan siang kepada pengemudi ojek online dan pelanggan warteg yang berada di sekitar Stasiun Jatinegara.

"Saya ingin tahu langsung apa yang dirasakan masyarakat, terutama terkait kesejahteraan dan ekonomi yang semakin menantang," kata Suswono dalam keterangan di Jakarta, Selasa (22/10/2024), seperti dilansir dari Antara.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata dari visi pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) yang berfokus pada pengentasan kemiskinan dan ketimpangan sosial.

Menurut Suswono, visi ini tidak hanya terbatas pada tindakan simbolis, tetapi juga mencerminkan prioritas kebijakan yang akan diusung untuk kesejahteraan jangka panjang masyarakat Jakarta.

"Program kami bertujuan memastikan bahwa masyarakat Jakarta tidak hanya bisa bertahan, tetapi juga berkembang di tengah dinamika ekonomi yang semakin sulit," kata dia.

Suswono menyebutkan, bersama Ridwan Kamil akan memfokuskan pemberdayaan warga melalui akses ke pekerjaan formal, dukungan untuk UMKM, serta peningkatan akses terhadap layanan publik yang lebih terjangkau, seperti transportasi dan perumahan.

"Aksi turun ke masyarakat ini juga selaras dengan visi RIDO terkait keadilan sosial, yang bertujuan mengatasi ketimpangan dengan memastikan inklusi sosial yang lebih luas, " ucapnya.

 

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya