Kenali Material yang Pas untuk Furnitur Outdoor

Ingin memiliki tempat kongkow di halaman rumah? Kenali material yang pas untuk furniturnya.

oleh boyleonard diperbarui 14 Jul 2016, 21:09 WIB
Diterbitkan 14 Jul 2016, 21:09 WIB
20160714-material furnitur outdoor-rumah.com-boy
Ingin memiliki tempat kongkow di halaman rumah? Kenali material yang pas untuk furniturnya.

Liputan6.com, Jakarta Tentunya Anda tak hanya memikirkan ruangan indoor saat mendesain rumah, area outdoor pun pantang dilewatkan. Pasalnya di area inilah Anda dan keluarga bisa menghirup udara segar yang nyaman.

Tak heran jika teras depan atau taman belakang rumah menjadi tempat yang paling nyaman untuk membaca buku atau menikmati secangkir teh. Menikmati suasana di ruang terbuka memang bermanfaat untuk menenangkan pikiran sekaligus meningkatkan kreativitas.

Jadi, jika ingin mendirikan teras atau gazebo cantik di halaman belakang, pastikan memilih mateial ini sebagai furniturnya.

Kayu jati

Bukan rahasia lagi jika furnitur yang menggunakan kayu jati tua cenderung awet dan tak mudah terserang rayap atau jamur.

Saat diletakkan di luar ruangan, furnitur kayu jati juga tahan terhadap sinar matahari dan hujan, asalkan Anda tetap membersihkannya setiap minggu serta memolesnya dengan antirayap. Gunakan kayu jati untuk meja dan salah satu kursi.

Alumunium

Enaknya material ini adalah lebih ringan sehingga memudahkan Anda untuk memindahkannya—dibandingkan kayu jati yang sangat berat. Tapi tak berarti alumunium tidak akan berkarat.

Akan lebih baik jika furnitur ini tak selamanya berada di luar ruangan. Saat Anda tak berada di rumah atau akan bepergian dalam waktu lama, masukkan furnitur ke dalam rumah.

Rotan

Furnitur rotan memang memberikan kesan natural sehingga sering digunakan untuk furnitur outdoor. Sayangnya jika jarang dibersihkan, furnitur ini mudah kusam dan sela-selanya sering menjadi lokasi yang nyaman untuk laba-laba dalam membuat sarang.

Minimal satu minggu sekali Anda harus membersihkan furnitur ini dan pastikan Anda menjangkau sela-selanya. Tambahkan kanopi untuk menutupi furnitur dari terpaan panas dan hujan.

Fiberglass

Melihat banyaknya desain kursi dan meja yang terbuat dari fiberglass kini semakin beragam dan stylish, tentunya Anda ingin memilikinya. Apalagi kursi fiberglass tak hanya menarik untuk diletakkan di dalam rumah.

Jika diletakkan di ruangan outdoor, fiberglass cukup awet dan mudah dibersihkan. Sebaiknya jika Anda menambahkan jok atau bantal yang nyaman pada kursi fiberglass, pastikan Anda menyimpan bantal itu kembali saat tak digunakan. Lalu, singkirkan fiberglass dari terpaan langsung air hujan untuk mencegahnya cepat kusam dan bernoda.

Foto: Pixabay

 

Saparinah Mumpuni

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya