Huni Rumah Mewah di Jakarta dengan Cicilan Rp21 Juta

Berdasarkan harga pasaran, rumah di area perbatasan Jakarta Selatan seperti Jagakarsa dihargai mulai Rp2 miliaran.

oleh Fathia Azkia diperbarui 09 Agu 2016, 19:10 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2016, 19:10 WIB
Huni Rumah Mewah di Jakarta dengan Cicilan Rp21 Juta
Berdasarkan harga pasaran, rumah di area perbatasan Jakarta Selatan seperti Jagakarsa dihargai mulai Rp2 miliaran.

Liputan6.com, Jakarta Idealnya, bekerja di Jakarta harus punya rumah di Jakarta. Namun, mahalnya harga rumah di Jakarta sering menjadi permasalahan utama bagi orang yang ingin memiliki sebuah tempat tinggal.

Terpantau dari listing perumahan baru Rumah.com, harga untuk rumah dua lantai di lingkup townhouse di Jakarta Selatan berkisar mulai Rp1,5 miliaran.

Mengumpulkan uang tunai sebesar itu tentu bukan hal yang mudah. Fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang ditawarkan oleh bank pun menjadi jalan pintas terbaik.

Selain rumah bisa dicicil, KPR juga punya segelintir keuntungan yang meringankan finansial calon debitur.

Syarat pertama mengajukan KPR ke bank adalah melampirkan dokumen penting yang diperlukan serta telah melunasi uang muka rumah. Jika disetujui, rumah pun bisa langsung dihuni.

Berdasarkan harga pasaran, rumah di area perbatasan Jakarta Selatan seperti Jagakarsa dihargai mulai Rp2 miliaran. Faktanya bisa ditemui pada townhouse teranyar garapan Villa Kanaya Realty yakni Kanaya Terrace.

Komplek perumahan ini terbilang unik, karena mengusung konsep double decker alias sistem two level infrastructure yang masih jarang di Jakarta.

Secara harfiah, konsep ini merupakan prinsip membangun perumahan yang memisahkan area lalu lintas kendaraan dengan area pejalan kaki, taman, atau tempat bermain.

Ilustrasi konsepnya sebagai berikut;

Menyoal harga, unit termurahnya dibanderol Rp2,7 miliaran bisa dibeli secara KPR maupun tunai bertahap (installment). Asumsinya, cicilan rumah per bulan selama 15 tahun sekitar Rp22 jutaan termasuk suku bunga KPR.

Masih di area Jagakarsa terdapat townhouse lain yang memasarkan harga jual sama. Adalah Rockwell Mansion 2 yang beralamat di Jalan Moh. Kahfi 1, 8,8km dari pintu tol JORR Mampang Prapatan-Ampera.

Dengan kolam renang sebagai fasilitas unggulannya, harga rumah dua lantai dengan 3+1 kamar tidur dan 3+1 kamar mandi ini bisa diangsur selama maksimal 15 tahun. Jumlah cicilan per bulannya ialah Rp21 jutaan berikut bunga.

Unit di Rockwell Mansion 2, Jagakarsa

Tak jauh berbeda dengan cicilan yang mesti dibayar konsumen jika tertarik menghuni satu unit rumah di Kebagusan Terrace. Ini karena harga jual rumah tipe LB200 M2 dan LT134 M2 dipasarkan Rp2,7 miliar.

Angka ini sepadan dengan spesifikasi ruang mumpuni meliputi 4+1 kamar tidur dan 3+1 kamar mandi, serta lahan terbuka yang masih cukup luas di area belakang rumah. Belum lagi karena letak perumahan relatif strategis -dekat tol dan stasiun-, maka harga jual rumah diperkirakan akan terus tergerek naik.

Contoh penataan interior kamar tidur utama di Kebagusan Terrace

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya