Daftar Benda di Rumah yang Gampang Jadi Sarang Kuman

Sebisa mungkin usahakan untuk meluangkan beberapa menit setiap hari untuk menyingkirkan kotoran dan debu yang bersembunyi di rumah Anda.

oleh boyleonard diperbarui 05 Sep 2016, 16:10 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2016, 16:10 WIB
2016-barang sering dibersihkan-rumahcom-boy
Sebisa mungkin usahakan untuk meluangkan beberapa menit setiap hari untuk menyingkirkan kotoran dan debu yang bersembunyi di rumah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Untuk Anda yang tinggal sendiri dan bekerja, beres-beres rumah setiap hari sepertinya merupakan hal yang mustahil untuk dilakukan karena energi sudah terkuras habis oleh pekerjaan kantor.

Namun apapun alasannya, sebisa mungkin usahakan untuk meluangkan beberapa menit setiap hari untuk menyingkirkan kotoran dan debu yang bersembunyi di rumah Anda. Ingat, kotoran dan debu merupakan sumber timbulnya bibit-bibit penyakit.

Jadi, sisihkan waktu Anda untuk membersihkan barang-barang seperti dikutip dari Rumah.com berikut ini.

Tempat tidur

Walaupun Anda terlambat bangun pagi, tempat tidur wajib dibereskan sebelum meninggalkan rumah. Saat pulang kantor di malam hari maka tempat tidur yang sudah rapi dan bersih bisa langsung digunakan untuk beristirahat.

Handuk kecil dan kain lap

Meskipun tidak terlihat kotor, handuk kecil dan kain lap yang Anda gunakan untuk menyeka tangan saat memasak dan mengeringkan piring setelah mencuci merupakan barang yang mudah terkontaminasi.

Handuk dan kain lap juga akan menjadi kotor dengan cepat karena digunakan berkali-kali dalam sehari. Oleh karena itu kedua barang ini harus diganti dan dicuci setiap beberapa hari.

Spons pencuci piring

Bagaimana cara Anda menyimpan spons pencuci piring? Apakah setiap hari spons didiamkan saja di dalam wadah kecil berisi sabun? Jika jawabannya adalah iya, inilah yang menyebabkan spons berubah menjadi rumah bagi bakteri dan kuman.

Tahukah Anda, sisa makanan dapat menyangkut di spons pencuci piring. Untuk menjaga spons pencuci piring tetap bersih setelah selesai digunakan, cukup rendam spons selama lima menit di dalam air hangat kemudian keringkan.

Remot televisi

Digunakan setiap kali menonton televisi, dipegang setelah menyentuh benda lain, dan terkadang diletakkan di sembarang tempat, hal tersebut membuat remot rentan dikelilingi kotoran dan bakteri. Maka sebelum berangkat kerja, bersihkan dulu remot dengan lap kering.

Lantai dapur

Jika tidak punya cukup waktu, Anda tak perlu membersihkan dan mengepel seluruh bagian dapur. Cukup menyapu lantainya saja untuk membersihkan bumbu-bumbu dapur yang jatuh dan remah-remah makanan.

Wastafel dan bak pencuci piring

Walaupun digunakan untuk mencuci tangan dan mencuci piring, wastafel dan bak pencuci piring tidak bebas dari kotoran dan kuman. Sisa pasta gigi, sabun, dan makanan dapat menempel pada sisi-sisinya.

Oleh karena itu, Anda perlu membersihkannya dengan lap agar tidak ada sisa sabun dan makanan yang menempel.

Nur Rahma

Foto Pixabay.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya