3 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Anak Dibiasakan Tidur Sendiri

Ada yang memindahkan anak ke kamar tidur sendiri di usia 18 bulan, ada juga yang usia tiga tahun.

oleh boyleonard diperbarui 13 Sep 2016, 16:43 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2016, 16:43 WIB
20160913-anak tidur sendiri-rumahcom-boy
Ada yang memindahkan anak ke kamar tidur sendiri di usia 18 bulan, ada juga yang usia tiga tahun.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada patokan waktu yang tepat untuk memindahkan anak ke kamar mereka sendiri. Semuanya tergantung keinginan orangtua. Biasanya, sebagian besar anak mulai menempati kamar mereka saat mulai berusia 18 bulan.

Namun ada juga anak-anak yang baru menempati kamarnya saat berusia 3 tahun. Nah, ketika tiba waktunya bagi anak Anda untuk pindah ke kamar sendiri, Anda pasti akan menyiapkan tempat tidur yang terbaik baginya sehingga mereka dapat terlelap sepanjang malam.

Beberapa hal berikut seperti dikutip dari Rumah.com ini dapat Anda jadikan panduan untuk memilih tempat tidur yang tepat bagi anak Anda.

Mengutamakan keselamatan

Tempat tidur yang Anda pilih tentunya harus bisa mendorong anak Anda sehingga berani tidur sendiri – bukan malah membuatnya takut tidur sendiri. Maka selain desain yang menarik, utamakan keselamatan.

Contohnya untuk boks bayi yang biasanya terbuat dari kayu, pastikan pagar di setiap sisi bisa terkunci dengan baik sekaligus dibuka dengan mudah kapanpun Anda menginginkannya.

Ketika anak memasuki usia 2 tahun, biasanya ia sudah terlalu besar untuk tidur di boks bayi. Maka ia bisa pindah ke tempat tidur baru. Kalau Anda khawatir anak tergelincir saat malam hari, pilih tempat tidur twin size tanpa kaki karena tingginya tidak jauh dari lantai.

Laci di bawah tempat tidur

Selain memilih tempat tidur dengan desain yang bagus dan disesuaikan dengan gaya kamar dan kepribadian anak, pilih tempat tidur yang memiliki banyak fungsi. Contohnya, ‘sulap’ bagian bawah atau kolong tempat tidur menjadi laci tambahan.

Ajak anak untuk menyimpan barang-barangnya di laci tersebut, misalnya sepatu, mainan, dan buku-buku.

Tempat tidur tingkat

Jika kakak dan adik masih berusia balita dan menempati kamar yang sama, Anda mungkin akan mempertimbangkan tempat tidur tingkat untuk menghemat ruang. Letakkan tempat tidur tingkat menempel di dinding. Biasanya, anak yang lebih tua akan tidur di tempat tidur atas dan adik tidur di tempat tidur bawah.

Pastikan tempat tidur atas memiliki pagar yang bagus dan tinggi yang cukup karena anak yang sudah besar juga suka berguling. Di samping itu, tangga tempat tidur harus kokoh dan tidak licin.

Foto Pixabay.com

Nur Rahma

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya