Bupati Sidoarjo Lepas 1.375 Peserta Mudik Gratis

Peserta mudik gratis tersebut diberangkatkan dengan menggunakan 25 bus tujuan beberapa kabupaten atau kota.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 04 Jul 2016, 22:03 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2016, 22:03 WIB
Mudik Gratis
Bupati Sidoarjo memberangkatkan 1.375 peserta mudik gratis. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Sidoarjo - Bupati Sidoarjo Saiful Ilah memberangkatkan 1.375 peserta Mudik Gratis Angkutan Lebaran 2016 di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Peserta mudik gratis tersebut diberangkatkan dengan menggunakan 25 bus tujuan beberapa kabupaten atau kota. Di antaranya Banyuwangi, Ponorogo, Magetan, Blitar, Jember, Tuban, Bojonegoro, dan Trenggalek.

Dalam sambutannya, Saiful Ilah menuturkan, bahwa mudik saat ini sudah menjadi kebutuhan para perantau, khususnya yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

"Mereka semua mudik agar bisa berkumpul dengan keluarga besar untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri," ucap Bupati Saiful Ilah dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin 4 Juli 2016.

Namun Bupati menyadari tidak semua orang mempunyai keberuntungan untuk bisa pulang kampung. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menyelenggarakan pemberangkatan angkutan mudik gratis ini untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat, khususnya di dalam bidang pelayanan angkutan umum.

Baca Juga

Lebih dari itu, kegiatan mudik gratis ini adalah upaya pemerintah daerah mengurangi kepadatan lalu lintas akibat dari meningkatnya pengguna kendaraan pribadi yang ada di jalan. Dengan demikian dapat menciptakan rasa aman, nyaman, dan terjangkau bagi seluruh pemudik.

Bupati Saiful mengimbau kepada pengemudi bus agar mengutamakan keselamatan, diperiksa kelengkapan dan kesiapan keberangkatan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Kepada peserta mudik diharapkan pula agar tetap menjaga ketertiban selama perjalanan menuju ke daerah asal.

Cek Kesiapan Mudik

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo Joko Santoso menyampaikan, dishub telah mengecek silang kesiapan dan kelayakan angkutan mudik gratis ini.

"Kami lakukan cek kesehatan para pengemudi bus dan sekaligus memeriksa kelayakan bus, ditemukan 1 bus yang tidak normal sehingga kami kembalikan dan alhamdulillah saat ini sudah diganti bus baru lagi," kata Joko.

Pemkab Sidoarjo melalui Dishub juga telah menyiapkan program kembali ke Sidoarjo. Program ini bekerja sama pemerintah kabupaten ataupun kota dengan tujuan menjembatani para pemudik untuk kembali ke Sidoarjo menggunakan bus gratis yang disediakan pemda masing-masing.

Sebelum diberangkatkan, Bupati Sidoarjo juga telah menyerahkan secara simbolis perbekalan perjalanan kepada perwakilan peserta mudik didampingi oleh Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin, dandim, kapolres, dan Ketua MTI setempat.


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya