Pascabanjir Bandang, Kondisi Jalan di Kota Bima Mulai Normal

Jalanan dan lingkungan di Kota Bima mulai pulih 65 persen.

oleh Liputan6 diperbarui 04 Jan 2017, 15:32 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2017, 15:32 WIB
20161227-Banjir-Bima
Banjir Bima (szaktudas.com)

Liputan6.com, Bima - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat Moh. Rum mengungkapkan proses pembersihan lingkungan dan jalan-jalan akibat banjir bandang di Kota Bima sudah mencapai 65 persen.

"Dalam rangka percepatan kegiatan pembersihan, hari ini ada bantuan dari CSR PLN 30 unit dump truck dengan tenaga bantu masing-masing tiga orang," kata Moh Rum di Mataram, Rabu (4/1/2017).

Seperti dilansir Antara, selain pembersihan lingkungan dan jalan-jalan protokol, progres tanggap darurat hingga memasuki 3 Januari 2017 bencana banjir bandang di Kota Bima, juga dilakukan pembersihan di sarana pendidikan.

Bahkan, ruangan sekolah hampir selesai dibersihkan meski di beberapa sekolah halamannya masih basah. Dari hasil pantauan TRC BPBD NTB, masih terdapat beberapa sekolah yang muridnya belum masuk.

Sementara, untuk pengungsi, kata Rum, saat ini masih ada tersebar di empat titik wilayah dengan jumlah keseluruhan mencapai 979 jiwa.

"Pelayanan pengungsi tetap dilakukan dengan baik, termasuk dengan pemberian nasi bungkus dan lainnya," imbuh dia.

Sedangkan untuk kebutuhan logistik, dia mengatakan hingga saat ini masih terus berdatangan dan kondisi stok di posko induk sampai hari ini masih aman, baik untuk bantu ke masyarakat terdampak/pengungsi.

Bahkan, dari 13 dapur umum yang disediakan, hanya lima tempat yang menyuplai nasi bungkus, sehingga hari ini keberadaan dapur umum akan dievaluasi apakah akan tetap beroperasi atau ditutup.

"Alhamdulillah ini menandakan masyarakat sudah dapat mengatasi sendiri," ucap Rum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya