Hujan Angin Hentikan Lomba Perahu Naga di Tanjungpinang

Jalan tanah beserta lahan yang digunakan untuk mendirikan sejumlah tenda saat pergelaran lomba Perahu Naga ini pun menjadi basah dan berlumpur.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Okt 2019, 11:00 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2019, 11:00 WIB
(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Lomba dayung perahu naga (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Tanjungpinang - Lomba Perahu Naga yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau terkendala hujan deras yang disertai angin kencang.

Kondisi itu menyebabkan panitia kegiatan menghentikan sementara perlombaan Perahu Naga di Sungai Carang, Sabtu, 26 Oktober 2019, bersamaan hujan deras yang terjadi pukul 10.30-13.30 WIB.

Jalan tanah beserta lahan yang digunakan untuk mendirikan sejumlah tenda, menjadi basah dan berlumpur.

Kepala Dinas Pariwisata Tanjungpinang, Surjadi menganggap hujan deras itu adalah berkah sehingga tidak perlu disesali. Setelah hujan berhenti, pertandingan dilaksanakan kembali.

"Hari ini pembukaan acara, dilanjutkan dengan lomba dari hasil penyisihan semalam. Besok final," katanya, dilansir Antara, Minggu (27/10/2019).

Ia mengatakan lahan yang berada di bibir Sungai Carang, yang digunakan untuk pelaksanaan Lomba Perahu Naga tersebut bukan milik Pemkot Tanjungpinang, melainkan Jordi, salah seorang warga Tanjungpinang. Jordi memberi izin agar lahan tersebut dipergunakan untuk Lomba Perahu Naga, yang sudah ditetapkan sebagai kalender pariwisata tahunan.

Pemkot Tanjungpinang tidak diperbolehkan membangun gedung di atas lahan milik orang lain. "Lahan ini memang mau dijual, tetapi harganya belum didudukkan," tuturnya.

Surjadi mengemukakan anggaran untuk menyelenggarakan Lomba Perahu Naga ini sekitar Rp800 juta. Kegiatan ini untuk meningkatkan kunjungan wisman dan wisatawan nusantara.

Wsman dan wisatawan nusantara yang menyaksikan lomba ini mencapai 8 ribu orang.

Jumlah penonton Lomba Perahu Naga kemarin tidak ramai. Namun, Surjadi menegaskan wisman dan wisatawan nusantara bakal ramai di Sungai Carang melihat final lomba tersebut. "Target kami wisman yang berkunjung ke Tanjungpinang berasal dari China," katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya