Bandung Merah di Pikobar, Dinkes Sebut Masih Zona Oranye Covid-19, Mana yang Benar?

Dinkes Bandung yang merujuk pada data dari pemerintah pusat, menyatakan Kota Bandung masuk zona oranye Covid-19.

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Agu 2021, 20:18 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2021, 20:00 WIB
Pusat informasi dan koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar)  Kini Tersedia dalam Bentuk Aplikasi
Pusat informasi dan koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar) Kini Tersedia dalam Bentuk Aplikasi. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Bandung - Perbedaan data Covid-19 terjadi di Kota Bandung. Data pada Pikobar, pusat informasi Covid-19 Jawa Barat, menunjukkan Kota Bandung masih berwarna merah. Namun, Dinkes Bandung yang merujuk pada data dari pemerintah pusat, menyatakan daerah tersebut masuk zona oranye. 

Terkait perbedaan itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rosye Arosdiani, Senin (16/8/2021) mengatakan, pihaknya tidak mengetahui jika di Pikobar Kota Bandung masih dinyatakan zona merah.

"Yang saya tahu data dari pusat itu kita zona oranye," katanya.

Menurut Rosye, penurunan Covid-19 terus terjadi dilihat dari berbagai indikator. Salah satunya angka kasus aktif Covid-19 yang kini terus mengalami penurunan.

"Sekarang betul, alhamdulillah, kasus terus menurun," katanya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:


Di Pikobar Zona Merah

Kota Bandung sebelumnya telah ditetapkan zona oranye Covid-19 pada Rabu (11/8/2021). Dinkes menyatakan Kota Bandung sudah berada di zona oranye dengan skor penilaian 1,81.

Selama dua pekan lalu, angka kasus aktif Covid-19 di Kota Bandung berkisar 7.000 hingga 5.000 kasus aktif. Namun, angka tersebut fluktuatif dan terus menurun hingga pada Ahad (15/82021), menjadi sebanyak 4.840 kasus aktif di Kota Bandung.

Adapun berdasarkan unggahan di Instagram @pikobar_jabar, Kota Bandung dan Kabupaten Bandung ditunjukkan dengan warna merah yang berarti memiliki risiko tinggi penyebaran Covid-19.

Sedangkan wilayah Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi dinyatakan oranye. Lalu, di Jawa Barat sendiri saat ini masih ada 64.154 orang yang berstatus dalam perawatan (kasus aktif).

Selain Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, peta di Pikobar tersebut menunjukkan Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi berwarna merah.

Kemudian Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Ciamis dinyatakan merah.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya